Rayakan HUT Jawa Barat Ke-77, Ridwan Kamil Ingatkan Pentingnya Mengonsumsi Susu agar Hidup Sehat

By Siti Sarah Nurhayati, Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:02 WIB
Peluncuran kampanye #JagaDiriKiniDanNanti bertepatan dengan HUT Jawa Barat ke 77 di Gedung Sate, Bandung. (DOK. FRISIAN FLAG)

NOVA.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, resmi meluncurkan kampanye #JagaDiriKiniDanNanti bertepatan dengan HUT Jawa Barat ke-77, yang dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (26/8).

Kampanye ini merupakan inisiasi dari PT Frisian Flag Indonesia (FFI) untuk mengajak seluruh anggota keluarga Indonesia agar senantiasa menjaga daya tahan tubuh.

Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui rutin minum susu di pagi hari sebagai bagian dari pola gizi seimbang serta aktif bergerak setiap hari.

Tak sendiri, dalam peresmiannya Ridwan Kamil juga ditemani oleh sang istri, Atalia Praratya, serta Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Gubenur Jawa Barat yang biasa dipanggil Kang Emil ini pun menyambut baik inisiatif FFI yang sejalan dengan fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kesadaran akan pentingnya hidup sehat.

“Untuk bisa hidup sehat, saya ingin menekankan beberapa hal yang bisa kita terapkan,” katanya dihadapan ribuan warga Bandung, di Gedung Sate, Bandung.

“Dimulai dengan mengutamakan sarapan pagi, kemudian aktif berolahraga setiap hari dimanapun kita berada dan jangan lupa minum susu agar daya tahan tubuh kuat di berbagai kondisi,” sambungnya.

Pasalnya, daya tahan tubuh yang baik sangat penting untuk kelangsungan hidup karena dapat memantau tanda-tanda invasi atau bahaya dari berbagai paparan atau serangan penyakit.

Gizi yang seimbang, memadai  dan tepat diperlukan agar semua sel dapat berfungsi secara optimal dan ini termasuk sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tabah Hadapi Ujian, Ridwan Kamil Dinobatkan sebagai Ayah Inspiratif

 

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM Universitas Indonesia, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D juga menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi fungsi sistem daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan bergizi, korelasinya bahkan cukup signifikan antara sistem kekebalan dan gizi ini.