Taiwan Atur Kawasan Panorama Nasional, Berikut 6 Rekomendasi yang Layak Didatangi

By Siti Sarah Nurhayati, Sabtu, 10 September 2022 | 14:01 WIB
Area Panorama Nasional Gunung Can (Tri-Mountain) terlihat begitu menawan. (DOK. ISTIMEWA)

NOVA.id – Berlibur tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada di daerah atau negara tersebut.

Misalnya saja jika Sahabat NOVA berniat liburan ke Taiwan, pasti tak akan luput dengan wisata pasar malam yang ikonil dan wajib dikunjungi.

Namun, jangan hanya pasar malam saja yang diincar, pemerintah Taiwan justru sudah mengatur tempat wisata terbaik untuk turis yang berkunjung dalam National Scenic Area (NSA) atau kawasan panorama nasional.

Di mana terdapat sebanyak 13 tempat wisata nasional dibatasi dalam kawasan tertentu dan memiliki keindahan khusus dengan beragam atraksi menarik.

Tempat wisata ini juga mempunyai keunikan masing-masing yang selalu menjadi incaran para wisatawan lokal dan mancanegara. Namun, kali ini NOVA akan membahas 6 tempat saja yang layak didatangi jika bertandang ke Taiwan.

1. Area Panorama Nasional Gunung Ali (Alishan)

Terletak di Chiayi, Alishan memiliki luas 1.400 hektar dan menawarkan lebih dari satu pendakian ke puncak gunung. Secara keseluruhan, area ini adalah cagar alam hutan belantara dengan luas 415 kilometer persegi, dan menghasilkan teh Alishan Taiwan yang mendunia. Selain teh dan pegunungan, Alishan juga terkenal dengan matahari terbit yang indah, bunga sakura musim semi, jalur pendakian, dan banyak lagi.

Kamu juga bisa merasakan kembali ke masa lalu dengan mengikuti tur Alishan Forest Railway yang sangat ikonik. Kereta api ini sudah berusia seabad lebih.

Alishan menawarkan tempat wisata yang relatif ramah keluarga baik bagi pecinta alam dan penggemar teh. Namun, ini adalah tempat yang sangat populer bagi wisatawan Taiwan, sehingga hari libur dan akhir pekan akan ramai.

Baca Juga: 6 Festival yang Wajib Didatangi di Taiwan, Cocok Jadi Destinasi Liburan!

Penduduk setempat biasanya akan menyarankan para wisatawan ke salah satu puncak tertinggi untuk menyaksikan matahari terbit dari bawah lautan awan. Banyak jalur pendakian di Alishan yang merupakan keajaiban alam. Termasuk salah satunya jalur pohon raksasa, pohon cemara fotogenik yang membuat Jepang saat masa penjajahan ingin menguasai kayu-kayu Taiwan.

Sebagian besar restoran di Alishan kurang lebih menyajikan campuran sayuran lokal yang diolah dengan ciri khas Taiwan. Selain teh, kopi juga ditanam di pegunungan sekitar sini, dan beberapa toko bahkan memanggang biji kopi sendiri tepat di depan toko dan di depan pelanggan.