Sebelum Jadi Narator Film Dokumenter Kisah Manusia Merangkai Punah, Raline Shah Sempat Jajal Gunung Kilimanjaro di Tanzania

By Siti Sarah Nurhayati, Selasa, 20 September 2022 | 16:29 WIB
Raline Shah (Grid.ID)

NOVA.id - Ada yang sudah menonton film dokumenter Eating Our Way to Extinction? Kalau belum, ini waktu yang tepat untuk Anda menontonnya.

Pasalnya, film yang membahas isu terkait pola makan manusia dan industri pangan ini sudah disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Raline Shah sebagai naratornya.

Dalam film versi bahasa Indonesia yang berganti judul jadi Kisah Manusia Merangkai Punah itu, aktris sekaligus pengusaha ini menggantikan peran yang sebelumnya diemban oleh pelakon film Titanic, Kate Winslet.

“Aksennya Kate itu kan bagus banget, karena dia orang Inggris jadi rasanya kita seperti dibacakan dongeng. Saya sempat khawatir kalau narasi saya tidak sebagus dia."

"Tapi saya berusaha memberikan yang terbaik,” ucap Raline usai perilisan perdana film dokumenter tersebut belum lama ini.

Pasalnya, meski naskah yang dia narasikan sudah berbahasa Indonesia, namun perempuan berusia 36 tahun ini mengaku cukup kesulitan dalam praktiknya.

Kadang kala kosa kata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia jadi lebih panjang dan sulit ditemukan padanan yang sesuai.

“Belum lagi kalau kita membuat narasi itu harus juga menghayati seperti storytelling, bukan hanya menginformasikan seperti di berita."

"Jadi banyak sekali yang saya pelajari dan banyak juga kesadaran, Oh, ini susah ya, ternyata,” jelasnya sambil tertawa.

Baca Juga: Sederet Artis Papan Atas Ungkap Pengalaman Pakai Galaxy Z Fold4 dan Flip4

 

Kini, kekhawatiran itu sirna. Raline sukses menarasikan film yang sudah bisa ditonton gratis di YouTube sejak 6 September 2022 itu dengan baik.