Jelajah Keindahan Pulau Tidung, dari Sunset di Jembatan Cinta sampai Wisata Bawah Air

By Wandha Nur Hidayat, Rabu, 21 September 2022 | 09:00 WIB
Berpelesir di Pulau Tidung dapat menjadi alternatif liburan saat bosan dengan tempat wisata mainstream di Jakarta. ()

Nova.ID – Bosan jalan-jalan ke tempat wisata mainstream di tengah kota Jakarta, seperti Monas dan Kota Tua? Mungkin sudah waktunya Sahabat NOVA berpelesir ke tempat yang memberi pengalaman liburan berbeda. Contohnya, Pulau Tidung

Pulau yang terletak di Kepulauan Seribu tersebut menawarkan suasana pemandangan laut yang tenang dan indah. Cocok untuk Sahabat NOVA "melarikan diri" sejenak dari hiruk-pikuk Ibu Kota dan melepas lelah usai beraktivitas dalam sepekan.

Akses ke Pulau Tidung pun cukup mudah. Sahabat NOVA dapat menaiki kapal tradisional atau kapal feri dari Pelabuhan Kaliadem. Jika ingin sampai lebih cepat, tersedia perjalanan dengan speed boat dari Dermaga Marina, Ancol.

Sesampainya di Pulau Tidung, Sahabat NOVA akan disambut oleh hamparan pantai dengan pasir putih. Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk menikmati keindahan pulau seluas satu kilometer ini. Salah satunya adalah melihat pemandangan bawah laut dari Jembatan Cinta.

Baca Juga: 5 Manfaat Liburan Keluarga untuk Produktivitas Kita dan Kecerdasan Anak-Anak

Dari atas jembatan berwarna pink tersebut, Sahabat NOVA dapat melihat ekosistem bawah laut dengan jelas, seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang sedang berenang.

Jika ingin melihat terumbu karang lebih dekat dan berenang bersama ikan, Sahabat NOVA dapat melakukan snorkeling dan diving. Tak perlu khawatir soal keamanan, sebab Sahabat NOVA akan dipandu oleh warga setempat yang sudah berpengalaman.

Pada sore hari, Jembatan Cinta juga biasa dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk menikmati sunset. Berbagai mitos terkait asmara juga menjadi daya tarik Jembatan Cinta. Konon, orang yang mengunjungi jembatan ini akan mendapatkan pasangan, memiliki hubungan yang makin langgeng, atau mendapatkan pasangan yang lebih baik jika hubungannya baru saja berakhir.

Aktivitas lain yang tak kalah menarik adalah bersepeda santai mengelilingi kawasan pulau. Apalagi, tersedia track sepeda sepanjang lima kilometer sehingga Sahabat NOVA bisa mengeksplorasi keindahan pulau ini sambil menikmati semilir angin laut.

Baca Juga: Cukup 2 Hal, Catat Cara Mengelola Utang yang Menumpuk Usai Liburan

Sambil bersepeda, jangan lupa mengunjungi kios-kios yang menawarkan berbagai jenis barang sebagai oleh-oleh, mulai dari kaos bertema Pulau Tidung sampai produk kerajinan yang dibuat penduduk setempat.

Pada malam hari, acara barbeque-an di pinggir pantai tentu menjadi kegiatan yang asyik setelah seharian menjelajahi Pulau Tidung. Bagi Sahabat NOVA yang alergi seafood, menu barbeque dapat diganti dengan sosis atau jagung.