Kenalan dengan QRIS, yang Kini Bisa Dipakai Belanja di Thailand

By Dinni Kamilani, Kamis, 22 September 2022 | 19:03 WIB
Kenalan dengan QRIS Kini Bisa Belanja di Thailand Tinggal Scan! (AsiaVision)

NOVA.id - Belum lama ini Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa per Senin (19/8), masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan pembayaran lewat QRIS di Thailand. Jadi tak perlu lagi repot tukar mata uang sana-sini.

Tentu saja ini menjadi kabar gembira, khususnya bagi kita yang hobi jalan-jalan melancong ke luar negeri. Tapi sebenarnya apa, sih, QRIS itu?

Melansir dari laman resmi Bank Indonesia (BI), QRIS alias Quick Response Code Indonesian Standard adalah kode QR yang distandarisasi oleh Bank Indonesia.

Dengan QRIS merchant cukup menyediakan satu QR untuk semua aplikasi pembayaran di Indonesia.

Dengan QRIS kita enggak perlu repot mengganti aplikasi QR karena transaksi tetap bisa dilakukan, meskipun aplikasi QR kita berbeda dengan aplikasi QR yang disediakan oleh merchant atau pedagang.

Baca Juga: Sekarang Belanja di Thailand Bisa Pakai QRIS, Begini Caranya!

Dengan begitu, proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya.

QRIS bisa dipakai oleh semua konsumen yang hendak bertransaksi non tunai. Dengan bermodal ponsel, kamera, serta koneksi internet yang stabil, kita sudah bisa bertransaksi menggunakan QRIS.

Tapi, jangan lupan pastikan juga saldo kita cukup untuk melakukan pembayaran, ya, Sahabat NOVA.

QRIS Antarnegara

Sementara itu, QRIS antarnegara yang belum lama ini diluncurkan Bank Indonesia adalah sistem pembayaran berbasis QR code yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara.

Melansir dari Kompas.com, QRIS antarnegara ini bertujuan untuk memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS).