8 Gejala Gagal Ginjal pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati Jika Ada Tubuh yang Bengkak

By Alsabrina, Rabu, 19 Oktober 2022 | 08:00 WIB
(Ilustrasi) Gagal ginjal akut pada anak (Dok. Freepik.com)

NOVA.id - Penyakit gagal ginjal bisa menyerang setiap orang, tak terkecuali kalangan anak-anak.

Gagal ginjal pada anak terjadi ketika fungsi ginjal menurun signifikan sampai tidak dapat bekerja.

Dilansir dari Kid’sHealth, fungsi ginjal utamanya untuk menyaring racun dan kotoran dari tubuh, mengontrol cairan di dalam tubuh, dan mengeluarkan limbah dari tubuh lewat urine.

Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, produksi sel darah merah, dan kadar kalsium serta mineral di dalam tubuh.

Ketika ginjal tidak bisa bekerja secara normal, munculah gejala gagal ginjal pada anak.

Penyebab gagal ginjal pada anak bisa berasal dari infeksi, cedera, syok, gagal jantung, keracunan, overdosis obat, kelainan bawaan, atau penyakit ginjal kronis yang tidak diobati sampai tuntas.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang biasanya kerap terlambat disadari.

Gejala gagal ginjal pada anak

Ada banyak keluhan yang disampaikan orangtua ketika membawa buah hatinya yang terkena gagal ginjal. Berikut beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu diwaspadai:

1. Muntah-muntah dan tidak nafsu makan

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, anak yang fungsi ginjalnya menurun drastis bisa mengalami mual, muntah-muntah parah, dan tidak nafsu makan. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan kadar ureum di dalam darah.

Baca Juga: Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak Bertambah, Kemenkes: Tetap Tenang