Tak Perlu Mahal, Cegah Anak Stunting Bisa Dimulai dari Tempe dan Sayur Lodeh

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:30 WIB
Tempe, makanan murah yang mampu cegah stunting. (iStockphoto)

NOVA.id – Siapa yang tak menyukai tempe atau awam dengan makanan tradisional tersebut?

Rasanya, tempe sudah menjadi makanan harian yang tak boleh terlupakan untuk semua kalangan di Indonesia.

Bisa dijadikan berbagai olahan yang enak dan nikmat, ternyata tempe yang kaya akan protein ini bagus lho untuk mencegah stunting pada anak.

Pasalnya, makanan fermentasi satu ini mampu merangsang bakteri baik pada sistem pencernaan anak.

Sehingga jumlah bakteri baik yang diproduksi tubuh jadi lebih banyak dan mampu mempercepat perkembangan kognitif si kecil.  

Hal ini pun dibenarkan oleh Medical Science Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Basrowi, MKK., dalam konferensi pers Indonesian Gastronomy Community (IGC) Deklarasikan Konsensus Nutrisi dan Hidrasi Berbasis Makanan Tradisional untuk Pencegahan Stunting Didukung Danone Indonesia di Jakarta, Senin (17/10/2022).

“Ada penelitian dengan teknologi genome sequencing pada anak stunting, itu diperiksa pada sel pencernaannya. Intinya anak stunting ternyata bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaannya juga ikut anjlok,” jelas dr. Ray.

Alhasil, kondisi tersebut menyebabkan terjadinya dua masalah utama pada anak stunting.

Kedua masalah itu adalah pertumbuhan fisik yang tak maksimal sehingga menyebabkan tubuhnya pendek dan perkembangan otaknya ikut terhambat.

Baca Juga: Bahannya Murah Meriah, Ini Resep Gulai Tahu dan Tempe yang Lezat

“Sudah otaknya enggak dapat makanan karena stunting. Dan bakteri baik di sistem pencernaan enggak bisa kirim sinyal ke otak. Jadi stuntingnya makin menjadi,” kata dr. Ray menegaskan.

Nah, di sini peran tempe menjadi penting. Pasalnya kandungan dari hasil permentasi itu disebut mampu memfasilitasi bakteri baik untuk berkembang biak di dalam percernaan anak.