Bukan Hanya Wajah, Miss V Juga Butuh Perawatan Khusus, Ini Penjelasannya Menurut Dokter

By Widyastuti, Jumat, 21 Oktober 2022 | 15:28 WIB
Ilustrasi - menjaga kesehatan Miss V menurut dokter (DigitalChef)

NOVA.id - Perawatan kulit, wajah, rambut, tampaknya sudah pasti diperhatikan oleh banyaknya perempuan saat ini. 

Bahkan tak sedikit dari perempuan yang melakukan rangkaian skincare dan juga body care routine hingga pergi ke salon untuk mempercantik tampilan rambut.

Namun, tahukah Sahabat NOVA jika perawatan ekstra juga harus tetap dilakukan terhadap area tubuh lain yang tertutup atau yang tidak terlihat seperti area Miss V.

Merawat organ intim atau area Miss V tentu tidak kalah penting mengingat area sensitif tersebut juga rawan sekali lembap yang bisa mengakibatkan kulit sekitarnya menjadi iritasi, apalagi kalau sedang menstruasi dan memiliki tipe kulit yang sensitif.

Ketebalan kulit pelindung Miss V yaitu stratum corneum atau horny cell jauh lebih tipis dibanding area lainnya, sehingga menyebabkan area Miss V tergolong sensitif.

Lalu, bagaimana cara perawatan yang benar untuk area Miss V? Apakah juga perlu skincare khusus untuk merawat area tersebut terlebih untuk tipe kulit yang sensitif?

"Jawabannya, perlu. Area vagina merupakan area sensitif yang juga butuh perhatian khusus serta ruang untuk bernapas. Saat banyak beraktivitas disertai olahraga, tubuh dan area kewanitaan juga akan berkeringat," kata dr. Airindya Bella dari Alodokter.

Keringat, kata dia merupakan cara alami tubuh untuk mendinginkan suhu badan dan melepaskan air serta garam yang keluar dari pori-pori dan menguap.

Namun jika tidak menjaga kebersihan saat berkeringat dan tidak memakai pakaian yang mendukung area kewanitaan bernapas, keringat akan terjebak di bawah permukaan kulit dan menyumbat kelenjar keringat.

Baca Juga: Bukan Arya Saloka, Amanda Manopo Justru Gandeng Adam Suseno di Red Carpet, Ini Respons Inul Daratista

"Hal tersebut bisa menyebabkan area vagina menjadi lembap, gatal dan iritasi hingga infeksi. Maka dari itu penting sekali menerapkan kebiasaan sehat dan bersih setiap hari khususnya saat sedang menstruasi," paparnya.

Untuk merawat area Miss V, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Antara lain, membersihkan area Miss V dengan benar. Saat setelah buang air kecil dan buang air besar, basuhlah dengan air bersih lalu keringkan dengan tisu atau handuk dari arah depan ke belakang agar menghindari perpindahan bakteri dari anus ke Miss V.