Tidak Mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG), Obat Herbal Ini Aman Dikonsumsi untuk Masuk Angin

By Siti Sarah Nurhayati, Selasa, 25 Oktober 2022 | 18:01 WIB
Ilustrasi perut kembung (Riskmanagement365.com)

NOVA.id - Saat ini kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol tengah jadi sorotan dalam kandungan obat-obatan.

Bisa demikian karena, Etilen Glikol yang terkandung dalam obat sirop anak diduga memicu terjadinya gagal ginjal akut.

Meski begitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin RI sudah memberikan konfirmasi terkait hasil penelusuran cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol di obat sirup.

Katanya, setelah dianalisis, tujuh dari 11 pasien gagal ginjal akut di RSCM positif memiliki cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol.

"Kita tes di anak-anak tersebut, ternyata dari anak-anak yang kita tes, yang ada di RSCM, dari 11, 7 anak positif memiliki senyawa berbahaya tadi, yaitu etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), jadi confirmed," kata Menkes Budi beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Kompas.com.

Hal ini akhirnya membuat orangtua khawatir dengan obat-obatan yang kini beredar di pasar karena takut kandungan tersebut membawa petaka.

Bahkan, tak hanya untuk anak, orang dewasa juga jadi lebih hati-hati lagi dalam memilih obat-obatan.

Seperti Sadikin (30) yang mengaku lebih memilih kerokan saat masuk angin dibanding meminum obat warung.

Namun, jangan khawatir dan salah kaprah. Masih banyak obat yang kini dijual di pasaran dengan kandungan aman, salah satunya yang murni menggunakan bahan herbal, seperti Antangin.

Baca Juga: Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak Merebak, Kemenkes Instruksikan Apotek untuk Stop Sementara Penjualan Obat Batuk Cair

 

Bahkan, Antangin juga sudah lolos BPOM sebagai obat yang aman dan tidak mengandung bahan baku Etilen Glikol dan Dietilen Glikol. Seperti Antangin Junior, Antangin Habbatussauda, Antangin JRG, dan Antangin Mint.