Profil dan Biodata Mulan Jameela, Politisi Perempuan Indonesia yang Sempat Tuai Kontroversi Hingga Berhasil Bungkam PLN Soal Kompor Listrik

By Alsabrina, Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:35 WIB
Mulan Jameela (dok. instagram/mulanjameela1)

NOVA.id - Selain Krisdayanti, Mulan Jameela juga menjadi politisi perempuan Indonesia. Namanya sempat menjadi sorotan karena kritisi soal kompor listrik.

Ya, beberapa waktu lalu, Mulan Jameela viral di media sosial karena kritiknya terhadap kompor listrik.

Protes itu disampaikan Mulan saat rapat kerja Komisi VII -- yang membidangi energi dan perindustrian -- dengan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Rabu (21/9/2022).

Mulan Jameela yang mengaku sebagai salah satu pengguna kompor listrik mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus dikaji ulang.

Pasalnya, kata Mulan, peralatan masak seperti wajan dan panci yang bisa digunakan untuk kompor listrik berbeda dengan kompor biasa.

Selain itu, menurut Mulan, kompor listrik juga tidak cocok dengan masakan Indonesia. Terlebih jika masakan diproduksi secara massal seperti saat sedang hajatan.

Protes yang dilayangkan Mulan Jameela pun membuahkan hasil. PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik.

Langkah ini dilakukan demi menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Lalu, siapa Mulan Jameela? Berikut profil dan biodata sang artis sebelum terjun ke dunia politik hingga menjadi politisi perempuan Indonesia.

Profil dan Biodata Mulan Jameela

Mulan Jameela memiliki nama Raden Terry Tantri Wulansari dan lahir di Garut, Jawa Barat, 23 Agustus 1979.

Baca Juga: Profil dan Biodata Krisdayanti, Penyanyi Kenamaan Tanah Air yang Jadi Politisi Perempuan Indonesia