Nominasi Festival Film Indonesia 2022, Persaingan Film Daerah hingga Film Aksi

By Annisa Octaviana, Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:01 WIB
Peluncuran Festival Film Indonesia 2022, Perempuan: Citra, Karya & Karsa di Sarinah, Thamrin, Rabu (30/4/2022). (laman FFI 2022)

NOVA.id – Acara pembacaan nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022 digelar langsung dari plataran Candi Borobudur, Jawa tengah, pada Sabtu (22/10).

Reza Rahadian sebagai ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) beserta para aktor-aktris Tanah Air, membacakan nomine karya sineas Indonesia yang masuk ke dalam daftar nominasi FFI 2022.

Seperti dikutip dari Kompas.com, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021) dan Before, Now & Then (Nana) (2022) berhasil meraih nominasi terbanyak dengan menggaet 12 kategori dan 11 kategori.

Sementara untuk kategori film panjang terbaik diisi oleh film Autobiography, Before, Now & Then (Nana), Mencuri Raden Saleh, Ngeri Ngeri Sedap, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Di kategori bergengsi lainnya yakni Pemeran Utama Perempuan Terbaik, nama Marsha Timothy kembali masuk nominasi, setelah sebelumnya meraih kemenangan pada FFI 2018.

Marsha akan bersaing dengan aktris hebat lainnya seperti Happy Salma, Tika Panggabean, Ladya Cheryl, juga Maudy Koesnaedi.

Untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, para aktor muda seperti Bio One, Kevin Ardilova, dan Marthino Lio membuktikan bahwa mereka mampu bersanding dengan aktor senior seperti Oka Antara dan Vino G. Bastian.

Di samping itu, ada yang spesial dari kategori Sutradara Terbaik di tahun ini.

Baca Juga: Merilis 3 Cuplikan Baru, Film Paranoia Beri Ketegangan Tak Biasa

 

Kamila Andini jadi satu-satunya sutradara perempuan yang berjejer dengan nama empat sutradara laki-laki.

Lebih lanjut, FFI 2022 mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa.