NOVA.id - Setiap kita pasti punya tujuan keuangan dan butuh akses keuangan untuk mewujudkannya.
Misalnya tujuan keuangan untuk merenovasi rumah, membuka usaha, hingga mungkin sesederhana ingin mengganti furnitur di rumah yang sudah rusak, kita tetap butuh akses keuangan untuk tujuan kita tercapai.
Kalau tau akses keuangan yang tepat, pasti tujuan kita enggak hanya jadi angan-angan aja.
Nah, melihat kebutuhan masyarakat akan akses keuangan, maka di Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Oktober ini, PT Home Credit Indonesia (perusahaan pembiayaan berbasis teknologi), berkomitmen untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat melalui produk dan layanan keuangan yang mudah diakses dan transparan disertai berbagai program edukasi keuangan.
Berbagai upaya dilakukan oleh Home Credit untuk mendorong tingkat pemahaman masyarakat akan produk keuangan dan memberikan aksesnya.
“Bertepatan dengan momentum Bulan Inklusi Keuangan, kami turut mempersembahkan program - program yang mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mengenal berbagai produk dan layanan keuangan dari Home Credit disertai informasi keuangan secara menyeluruh. Dengan mengusung semangat baru, #BisaJadiJADIBISA, Home Credit senantiasa membantu pelanggan dalam mewujudkan berbagai rencana dalam hidup sekaligus memberdayakan masyarakat untuk menjalani kehidupan yang mereka inginkan,” ujar Sheldon Chuan selaku Chief Marketing & Digital Officer Home Credit Indonesia (27/10) saat ditemui di Jakarta.
Yap, aspek sosial yang mencakup inklusi serta literasi keuangan tidak lepas dari adanya produk keuangan yang transparan, mudah diakses di mana saja dengan proses yang cepat, diiringi pemahaman pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dan mengatur keuangan secara terencana.
Ditemui dikesempatan yang sama, Ajisatria Suleiman,Associate Researcher Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mengatakan bahwa layanan keuangan perlu dirancang secara khusus oleh perusahaan keuangan agar pelanggan dapat meningkatkan literasi keuangan pribadinya di samping mendapatkan manfaat dari layanan yang digunakannya.
Home Credit sendiri mengusung transparansi atas layanan dan produknya dengan mengoptimalkan teknologi digital.
Baca Juga: Resesi Menanti? Benahi Pola Pikir Keuangan Agar Tetap Merdeka Finansial
Aneka layanan keuangan Home Credit seperti pembiayaan barang di toko, pembiayaan modal usaha, Buy Now Pay Later (BNPL) hingga asuransi dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi My Home Credit.
Melalui aplikasi itu, kita dapat menggunakan layanan yang cepat di mana hanya dibutuhkan 3 menit untuk mengetahui limit pembiayaan ketika mengajukan aplikasi pembiayaan barang di sekitar 22.000 toko milik mitra yang tersebar di hampir 200 kota di seluruh Indonesia.
Adapun setelah pelanggan memiliki kontrak aktif, terdapat skema cooling-off period, di mana pelanggan memiliki pilihan dalam kurun waktu 14 hari untuk membatalkan perjanjian pembiayaan yang telah ditandatangani apabila berubah pikiran.
Lebih lanjut, Home Credit juga mengadakan rangkaian pameran belanja multiproduk dan edukasi keuangan bernama PESTA diiringi konten-konten digital untuk tingkatkan literasi keuangan masyarakat luas.
Gelaran PESTA diadakan di kota Bandung (23-29 Oktober), Medan (31 Oktober – 6 November), dan Manado (22-28 November).
Berniat ikutan untuk dapat edukasi tentang akses keuangan demi terwujudnya impian, Sahabat NOVA?
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA, setiap Kamis siang.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)