Kemasan Galon Guna Ulang Danone Aqua Sukses Kurangi Sampah Plastik

By Maria Ermilinda Hayon, Selasa, 1 November 2022 | 16:04 WIB
Ilustrasi galon guna ulang ()

 

NOVA.id - Sahabat NOVA masih pakai galon sekali pakai, atau sudah pakai galin guna ulang untuk tangani masalah sampah plastik?

Ya, masalah sampah plastik masih jadi pekerjaan rumah yang besar bagi kita.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diketahui bahwa dari 68,5 juta ton limbah sebanyak 11,6 juta ton adalah sampah plastik (2021).

Angka tersebut naik hampir 60 persen dari 6,8 juta ton pada tahun 2017.

Pemerintah menyusun peta jalan transformasi ekonomi hijau yang menitikberatkan pada pengurangan penggunaan sampah plastik guna mencapai target menekan sampah plastik hingga 70 persen di tahun 2025.

Maka itu dibutuhkan tindakan prioritas di seluruh ekosistem pengelolaan sampah termasuk pengurangan penggunaan plastik, inovasi kemasan, serta pemulihan, daur ulang, dan pengumpulannya sesuai dengan Peraturan Menteri LHK No.75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah.

Selain itu, produsen juga dituntut untuk membangun desain kemasan yang mendukung praktik ekonomi sirkular di mana dapat menjaga fungsi dari kemasan sekaligus mengurangi potensi timbulan sampah serta penggunaan plastik sekali pakai, sebagai contoh kemasan galon guna ulang inisiasi Danone-Aqua.

“Dalam mengurangi kebocoran sampah plastik di laut, perusahaan secara konsisten mengimplementasikan pendekatan bisnis yang komprehensif dengan tiga fokus utama yaitu, pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah plastik, edukasi bagi konsumen untuk turut bertanggung jawab atas sampah dan inovasi atas kemasan yang digunakan, termasuk kemasan galon guna ulang. Saat ini, 70 persen bisnis Danone-Aqua merupakan produksi air minum dengan kemasan galon guna ulang yang praktiknya telah sepenuhnya sirkular," ujar Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia dalam diskusi Mengkaji Pemanfaatan Kemasan Galon Guna Ulang dalam Praktik Ekonomi Sirkular yang digelar secara daring, Selasa (25/10/2022). 

Karyantu menambahkan bahwa saat ini galon guna ulang Aqua telah digunakan oleh 150 juta masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Dua Cara Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Dengan penggunaan selama bertahun-tahun oleh konsumen di Indonesia, tanpa disadari galon guna ulang telah membentuk budaya reduce dan reuse di Indonesia.