Ahli Menyebut Pelabelan BPA Pada Kemasan Galon Masih Terlalu Dini

By Annisa Octaviana, Jumat, 18 November 2022 | 15:01 WIB
BPOM berencana berikan label BPA Free pada galon kemasan, sudah pasti aman? Bagaimana dengan kandungan Acetaldehyde, pemicu kanker pada plastik PET galon sekali pakai? ()

NOVA.id - Regulasi pelabelan BPA pada galon air minum yang diupayakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih menjadi perhatian di kalangan akademisi.

Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS., Guru Besar Bidang Keamanan Pangan & Gizi di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyampaikan, terkait kandungan BPA pada kemasan pangan sebenarnya lebih mengkhawatirkan pada kemasan makanan dalam kaleng.

Dikatakan Prof. Sulaeman, BPA juga ada pada lapisan kaleng ataupun karton kemasan makanan. 

“Dari berbagai penelitian, paparan BPA umumnya didapati dari makanan kaleng dan hanya sedikit dari kemasan air minum. Jadi bila mau ada pelabelan BPA harusnya dimulai pada kemasan makanan kaleng dulu,” jelas Prof. Sulaeman saat ditemui NOVA di kawasan Jakarta Pusat.

Sementara itu, draft awal kebijakan pelabelan BPA tersebut dinilai cenderung diskriminatif hingga mengenyampingkan kepentingan publik lainnya.

Diantaranya kebutuhan suplai air minum yang sehat untuk konsumsi harian masyarakat.

Narasi perlindungan kesehatan publik yang menjadi dasar kebijakan pelabelan BPA tersebut dinilai tidak memenuhi urgensi.

Disamping itu, timbul kegaduhan di masyarakat melalui narasi, risiko kesehatan pada kemasan galon guna ulang bahan polikarbonat yang mengandung BPA. 

“Jadi kalau sekarang isunya BPA berbahaya atau berisiko untuk kesehatan, jangan hanya mendengar namanya lalu percaya kalau itu berbahaya. Terkait bahaya, harus melihat empat faktor. Jangan hanya menyebut nama zat tertentu lalu dikategorikan tidak boleh. Itu pemikiran yang salah dan terlalu primitif. Harus disebutkan tiga faktor lainnya yakni, konsentrasi, populasi, dan lama kontak. Baru bisa ditetapkan sebagai tanda bahaya," tutur Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D, Ahli Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga: Selain BPA Free, Pastikan Botol Minum untuk Buah Hati Kita Berbahan Ini

 

Kemasan galon guna ulang berbahan polikarbonat diketahui sudah digunakan lebih dari 38 tahun di Indonesia.

Para ahli seperti Prof. Sulaeman maupun Ir. Akhmad Zainal sepakat, belum pernah mendengar ada orang yang meninggal atau sakit akibat keracunan air minum dari galon polikarbonat.