Sesuai Tempat, Ini Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa dari BNPB

By Dinni Kamilani, Rabu, 7 Desember 2022 | 08:02 WIB
Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa (Milatas)

NOVA.id - Belum lama ini Indonesia kembali berduka, Senin (21/11) pukul 13.21 WIB gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya.

Tapi, tahu enggak sih kalau ternyata ancaman bahaya gempa bumi tersebar di hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia? Baik dalam skala kecil hingga dalam skala besar yang merusak.

Alasannya, karena letak Indonesia yang berada dalam garis Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire yang dinilai rawan bencana alam seperti gempa bumi. 

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun berlangsung singkat, bencana ini bersifat merusak karena bisa menghancurkan bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya dalam sekejap.

Baca Juga: Super Dermawan, Ji Chang Wook Bakal Berikan Sebagian Hasil Fan Meeting di Jakarta untuk Gempa Cianjur!

Penyebabnya pun bisa beragam, mulai dari tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas sesar (patahan), hingga aktivitas gunung api.

Makanya, jadi penting bagi kita untuk tahu cara menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.

Melansir Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berikut ini hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri saat gempa bumi terjadi. Apa saja?

Dalam Ruangan

1.Beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari kaca, benda yang menggantung, rak buku, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. Jika sedang memasak, segera matikan kompor saat terjadi guncangan pertama.

Baca Juga: Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Datangi Korban Gempa Cianjur

2. Jika tak sempat keluar, berlindunglah di bawah meja untuk menghindari benda yang berjatuhan menimpa kita. Lindungi kepala dengan bantal atau helm.