Bosan WFH? Ini 4 Alternatif Tempat Kerja di Luar Rumah yang Nyaman Buat Tunjang Produktivitas

By Yussy Maulia, Kamis, 8 Desember 2022 | 10:00 WIB
Canabeans, salah satu cafe nyaman untuk WFA di Bintaro. (Dok. Canabeans)

Nova.ID – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) kerap menimbulkan rasa jenuh. Pasalnya, tidak seperti di kantor, Sahabat Nova tidak dapat bertemu teman untuk mengobrol maupun sharing tentang pekerjaan.

Belum lagi jika Sahabat Nova memanfaatkan ruangan yang sama di rumah setiap hari. Suasana ruangan yang itu-itu saja lama kelamaan bisa membuat jenuh sehingga produktivitas pekerjaan menjadi menurun.

Bagi Sahabat Nova yang bosan menjalani rutinitas WFH, tidak ada salahnya mencoba work from anywhere (WFA) untuk mencari suasana baru. Sahabat Nova juga bisa mengajak teman-teman di kantor untuk hangout sambil bekerja.

Berikut rekomendasi empat tempat yang untuk WFA. Yuk, simak!

1. Coworking space

Ruang kerja bersama atau coworking space dapat menjadi pilihan bagi Sahabat Nova yang ingin mencari suasana bekerja baru yang nyaman.

Coworking space adalah ruang kerja bersama yang terbuka untuk siapa saja. Jadi, Sahabat Nova dapat bertemu banyak orang dari berbagai komunitas atau perusahaan dalam satu ruangan.

Untuk menunjang produktivitas para pekerja, coworking space pun biasanya dilengkapi fasilitas penunjang, mulai dari meja dan kursi, jaringan internet, stopkontak, kamar mandi, hingga ruangan meeting.

Biaya sewa untuk coworking space bisa bervariasi. Saat ini, beberapa penyedia layanan coworking space juga menghadirkan opsi sewa harian, mingguan, dan bulanan.

2. Kafe

Sahabat Nova mungkin sudah tidak asing dengan tren bekerja dari kafe atau work from cafe (WFC). Tren ini muncul bukan tanpa alasan. Pasalnya, kafe menawarkan suasana yang nyaman dan kondusif untuk bekerja.

Selain untuk bekerja, kafe juga dapat menjadi tempat ideal untuk hangout bersama teman kantor sambil mencicipi berbagai hidangan, mulai dari kopi, snack, sampai makanan berat.