Sebelum Lakukan Siraman, Erina Gudono Lakukan Upacara Langkahan dan Beri Hal Ini untuk Kedua Kakaknya

By Alsabrina, Jumat, 9 Desember 2022 | 11:33 WIB
Upacara langkahan Erina Gudono (Tangkap layar YouTube Kompas TV)

NOVA.id - Erina Gudono dan Kaesang Pangarep kini tengah melakukan acara siraman. Ini merupakan rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina.

Mereka berdua melaksanakan upacara siraman di kediaman masing-masing. Erina melaksanakan di Yogyakarta, sementara Kaesang melaksanakan di Solo.

Sebelum ke acara siraman, Erina Gudono harus melakukan serangkaian upacara lain, yakni upacara cethik geni dan upacara langkahan.

Upacara cethik geni adalah menyalakan api untuk memasak nasi pertama kali. Upacara ini biasanya dilakukan untuk anak perempuan yang pertama kali menikah dalam keluarga.

Biasanya pemangku hajat akan memasak dalam jumlah besar untuk menjamu semua tamu, keluarga dan panitia pernikahan selama beberapa hari.

Upacara ini dilakukan oleh Ibu Sofiatun Gudono yang dibantuk oleh saudara kandung Erina Gudono.

Upacara cethik geni (Tangkap layar YouTube Kompas TV)

Lalu, Erina Gudono juga melaksanakan upacara langkahan.

Langkahan berasal dari kata dasar langkah (Jawa) yang berarti lompat. Upacara langkahan di sini dimaksudkan apabila calon pengantin menikah mendahului kakaknya yang belum nikah, maka sebelum melaksanakan prosesi siraman, calon pengantin diwajibkan meminta izin kepada kakak yang dilangkahi.

Selain meminta izin, biasanya disertakan juga pelengkap sebagai syarat pelangkah yang akan disediakan oleh calon pengantin.

Pelangkahan yang diserahkan oleh sang adik untuk sang kakak, dihadirkan sebagai simbol agar sang kakak dapat dengan ikhlas memberikan ijin kepada adiknya untuk menikah terlebih dahulu.

Erina pun meminta izin kepada 2 kakaknya, yakni Allen Adam Rinaldi Gudono dan Nadia Sofia Gudono.