Celine Dion Idap Penyakit Langka Stiff Person Syndrome, Kesulitan Berjalan dan Menggunakan Pita Suara untuk Bernyanyi

By Annisa Octaviana, Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:00 WIB
Celine Dion (ctvnews.ca)

NOVA.id – Kabar kurang menyenangkan datang dari penyanyi asal Kanada, Celine Dion.

Celine mengumumkan kepada publik bahwa dirinya didiagnosis penyakit langka yakni stiff person syndrome (SPS).

Stiff person syndrome merupakan kondisi neuologis atau neuromuskuler langka, yang menyebabkan kekuatan otot progresif dan kejang yang menyakitkan.

Informasi terkait penyakit yang dideritanya itu dia sampaikan langsung melalui akun Instagram pribadinya.

Mengenakan pakaian serba hitam dengan raut wajah yang begitu pilu, pelantun lagu My Heart Will Go On ini meminta maaf karena butuh waktu lama bagi dirinya membagikan kabar ini pada para penggemarnya.

“Seperti yang kalian tahu, saya selalu terbuka. Dan sebelumnya saya belum siap untuk mengatakan semuanya. Tapi kali ini saya sudah siap,” ujar Celine seperti dikutip dari akun Instagram-nya.

“Saya sudah berurusan dengan masalah kesehatan saya sejak lama. Dan sangat sulit bagi saya untuk menghadapi tantangan ini, dan membicarakan semua yang sudah saya lalui pada kalian,” lanjutnya.

“Baru-baru ini, saya didiagnosis mengalami sebuah kondisi saraf yang amat langka yang disebut stiff person syndrome, yang memengaruhi sekitar satu dari sejuta orang,” tutur sang diva.

Penyanyi kelahiran Kanada, 30 Maret 1968 ini menambahkan, penyakit yang dialaminya sangat langka dan memengaruhi kehidupannya sehari-hari.

Pelantun lagu I’m Alive ini kesulitan dalam berjalan dan menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya. Bahkan, dia harus membatalkan konser “Courage World Tour”, yang akan dia jalankan pada bulan Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Gemasnya La Lembah Manah, Adik Jan Ethes yang Menarik Perhatian di Acara Siraman Kaesang Pangarep