Dukung Minat Anak di Bidang IT, Langkah Awalnya Bisa Dimulai di Sini

By Yussy Maulia, Selasa, 20 Desember 2022 | 11:00 WIB
Kursus programming di Onetwocode Indonesia menggunakan sistem belajar semi-privat agar proses belajar lebih intens. (Dok. Onetwocode Indonesia)

Nova.ID – Seiring dengan perkembangan teknologi digital, kebutuhan tenaga kerja di bidang informasi dan teknologi (IT) semakin meroket. Salah satu pekerjaan yang paling dicari perusahaan adalah teknisi perangkat lunak atau software engineer.

Sederhananya, seorang software engineer bertanggungjawab untuk merancang dan mengembangkan program atau aplikasi, serta memastikan seluruh komponen dan fitur berjalan dengan lancar.

Sebagai contoh, Sahabat Nova mungkin punya beragam aplikasi di ponsel dengan fungsi yang berbeda, mulai dari berbelanja, bermedia sosial, hingga memesan transportasi. Di balik semua itu, ada software engineer yang memastikan seluruh fitur berjalan lancar dan bermanfaat bagi penggunanya.

Karena memiliki sejumlah tugas yang krusial, tidak heran jika software engineer disebut salah satu tulang punggung (backbone) dari ekosistem digital.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Yuk Coba Cara Ini untuk Temukan Passion Kita!

Prospek karier software engineer juga cukup cemerlang. Sahabat Nova yang menekuni profesi ini dapat terjun ke beberapa bidang, mulai dari web developer, mobile developer, game developer, business analyst, hingga information security analyst.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperkirakan, kebutuhan tenaga kerja di bidang IT, termasuk software engineer, akan terus meningkat hingga 2025.

Selain dicari oleh banyak perusahaan, kisaran gaji software engineer juga cukup tinggi. Menurut platform pencari pekerjaan Indeed, rata-rata gaji software engineer di Indonesia per 28 November 2022 adalah Rp 7,5 juta per bulan.

Namun, untuk posisi Senior Software Engineer, rata-rata gajinya di Indonesia bisa mencapai Rp 20 juta per bulan. Dengan prospek karier yang cemerlang hingga range gaji yang relatif tinggi, tak heran pekerjaan ini diminati oleh banyak generasi muda.

Baca Juga: Ajak Perempuan untuk Lebih Berani Jadi Diri Sendiri, Putri Marino: You Can Do It

Memulai karier sebagai software engineer

Jika anak Sahabat Nova tertarik kuliah jurusan IT atau menggeluti profesi software engineering, tetapi tidak memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang IT, jangan khawatir.