Ragam Fasilitas dan Fungsi Masjid Al Jabbar Karya Ridwan Kamil

By Dinni Kamilani, Minggu, 1 Januari 2023 | 08:30 WIB
(Biro Adpim Jabar/ Kolase NOVA)

NOVA. id - Mulai dibangun 2017 pada periode Gubernur Ahmad Heryawan, diselesaikan 2022 di periode Gubernur Ridwan Kamil.

Masjid Raya Al Jabbar jadi kado indah bagi warga Jabar di penghujung tahun 2022.

Masjid Raya Al Jabbar memiliki beragam fungsi sebagai ruang publik.

Selain tempat beribadah umat Muslim, masjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung, tersebut dapat menjadi destinasi wisata dan edukasi yang menarik.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga pendesain Masjid Al Jabbar menuturkan, selain museum sejarah Islam di Indonesia dan Jabar, terdapat taman-taman Nabi dan Rasul yang mengeliling bangunan utama.

"Ada taman yang menceritakan 25 Rasul dan Nabi dalam sejarah Islam. Ada tulangnya ikan paus, (kisah) Nabi Yunus. Ada perahu-perahuan Nabi Nuh," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung, Jumat (30/12).

"Kami harapkan orang datang ke sini bermunajat, berselawat, bersalat, pulangnya dapat ilmu tentang sejarah (Islam) kemudian pulang bahagia. Itu kira-kira penjelasan," imbuhnya.

Masjid Al Jabbar memiliki interior dan artwork yang memesona dan memberikan pengalaman luar biasa kepada pengunjung.

Salah satunya, simbol identitas 27 kabupaten/kota yang melekat di pintu-pintu masjid.

Baca Juga: Cerita Nikita Mirzani Usai Bebas, Bertemu Anak hingga Mandi Air Panas

 

Menurut Kang Emil, simbol tersebut tidak hanya menggambarkan identitas Provinsi Jabar, tetapi juga bertujuan agar seluruh masyarakat Jabar merasa dekat dengan Masjid Al Jabbar meski berlokasi di Kota Bandung.