Menurut Psikolog, Ini Cara Memberi Edukasi Seks untuk Anak Usia Dini

By Presi, Kamis, 2 Februari 2023 | 19:03 WIB
Cara memberikan edukasi seks untuk anak usia dini harus dilakukan bertahap, mulai dari pengenalan bagian tubuh manusia (10174593_258)

NOVA.id - Belakangan ini, kita mungkin sering mendengar atau membaca berita tentang kasus pelecehan seksual pada anak.

Bahkan, tak sedikit pelecehan seksual itu terjadi pada anak usia dini, alias di bawah 6 tahun.

Sebagai orang tua, maraknya kasus pelecehan seksual pada anak ini tentu membuat hati cemas.

Meski begitu, tetap ada cara agar pelecehan seksual tidak terjadi pada buah hati kita. Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi seks untuk anak.

Dengan memberi pendidikan seks, anak dapat melindungi organ intimnya dan tahu bagaimana cara bergaul yang sehat. Bicara soal edukasi seks, tak jarang orangtua merasa bingung bagaimana cara ngomongnya dan mau mulai dari mana.

Beruntung, psikolog anak serta founder dan praktisi @theraplayid, Astrid Wen, M.Psi punya tips dan cara memberikan edukasi seks untuk anak, khususnya yang berusia di bawah 6 tahun.

"Orang tua bisa memperlengkapkan diri dengan pengetahuan tentang edukasi seks dan relasi ya. Karena kalau edukasi seks itu biasanya pasti terkait dengan relasi, tapi bukan edukasi seks semata tapi edukasi seks dan relasi," ujar Astrid saat dihubungi NOVA, Senin (30/01). 

1. Pengenalan bagian tubuh

Untuk langkah pertama, kita bisa mengajari anak tentang bagian-bagian tubuh manusia, termasuk area yang privat seperti penis dan vagina.

Baca Juga: Viral Pelecehan Seksual Anak, Begini Kiat Aman Jaga si Kecil di Ruang Publik

"Edukasi seks langkah pertamanya itu biasanya mengenal dulu bagian-bagian tubuh, mana tangan, kepala, dada, pinggang, bagian-bagian pribadi" kata Astrid. 

Selain itu, ajarkan anak untuk mengenal perbedaan jenis kelamin.