Beberapa Faktor yang Bisa Jadi Pemicu Hasrat Hubungan Intim Menurun

By Widyastuti, Sabtu, 11 Februari 2023 | 12:01 WIB
Pemicu Hasrat Hubungan Intim Menurun (DOK. FREEPIK)

 

NOVA.id - Faktor yang bisa jadi pemicu hasrat hubungan intim menurun memang berbagai macam. 

Namun, salah satu faktor yang bisa jadi pemicu hasrat hubungan intim menurun, yakni HSDD

Menurut dr. Putri Deva Karimah, Sp.OG yang merupakan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah, semua orang dapat mengalami penurunan hasrat untuk berhubungan intim sesekali.

Namun, hal ini menjadi tidak wajar apabila mengalami kehilangan ketertarikan berhubungan intim dengan pasangan dalam waktu yang lama.

Bisa jadi, Sahabat NOVA mengalami hypoactive sexual desire disorder (HSDD).

HSDD adalah kondisi di mana berkurang hingga hilangnya hasrat dan fantasi seseorang untuk berhubungan intim/seksual. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masalah psikis dan non-psikis, atau adanya gangguan medis seperti permasalahan hormon, dan kelainan fungsi organ.

HSDD dapat dipicu oleh adanya masalah psikologis/mental, seperti trauma, masalah dengan pasangan, faktor sosial seperti perempuan pekerja yang sangat sibuk, terutama pada perempuan usia menengah.

Baca Juga: Hasrat Hubungan Intim Menurun? Menurut Dokter Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh masalah medis seperti adanya perubahan hormon pada perempuan menjelang dan ketika sudah menopause.

Penurunan hormon estrogen menyebabkan kurangnya lubrikasi pada Miss V dan menyebabkan rasa nyeri ketika berhubungan intim (dispareunia).

Gangguan pada sistem kerja otak, riwayat operasi pada organ reproduksi, serta konsumsi obat-obatan tertentu, juga dapat menjadi faktor pemicu.

Berikut beberapa faktor pemicu HSDD lainnya: