Simak, Inilah Cara Mencegah Diabetes pada Anak Menurut Dokter

By Presi, Selasa, 21 Februari 2023 | 16:01 WIB
Ada beberapa cara mencegah diabetes pada anak, mulai dari diet sehat hingga menjalani tes (istock)

NOVA.id - Baru-baru ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut bahwa kasus diabetes anak meningkat 70 kali lipat sejak 2010 hingga awal 2023.

Tentu saja, sebagai orang tua kita ingin anak tumbuh dengan sehat. Sehingga, berkaca dari kasus tersebut, kita perlu mengetahui cara mencegah diabetes pada anak untuk menghindari komplikasi di masa depan.

Perlu diketahui, diabetes bisa terjadi ketika hormon insulin yang diproduksi pankreas rendah atau tidak ada sama sekali. Hal tersebut pun membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi dan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit serius di masa depan.

Baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2, keduanya bisa terjadi pada anak.

Namun, dokter spesialis penyakit dalam di Klinik Utama mGanik Care, dr. Diana Jeni Hastuti Sp. PD mengatakan, pada umumnya anak lebih sering mengalami diabetes tipe 1.

Adapun diabetes tipe 1 ini biasanya diwariskan secara genetik.

"Ibunya diabetes tipe 1 kemungkinan anaknya kena 1-4 persen, berdasarkan statistik. Kalau ayahnya saja, ke anak turunnya 3-8 persen. Tapi kalau kedua orang tuanya diabetes tipe 1, 30 persen kemungkinan anaknya terkena," jelas Diana kepada NOVA, Jumat (17/02) sore.

Apabila anak sudah punya kecenderungan genetik untuk terkena diabetes dan gaya hidupnya tidak sehat atau terkena infeksi virus, risiko anak terkena masalah kesehatan ini akan meningkat.

Sedangkan diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan makan makanan cepat saji, mengonsumsi makanan atau minuman bergula, hingga kelebihan berat badan atau obesitas.

"Junk food, minuman yang manis-manis kan sekarang banyak botolan kemasan seperti itu," ucapnya.

Sebenarnya, cara mencegah diabetes pada anak bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor risiko yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Inilah Penyebab Diabetes pada Anak, Orangtua Perlu Tahu!