Cara Menghilangkan Gatal Pada Miss V Saat Menstruasi, Perhatikan 6 Hal Ini

By Widyastuti, Rabu, 22 Februari 2023 | 18:41 WIB
Cara Menghilangkan Gatal Pada Miss V Saat Menstruasi, simak 6 hal ini. (DigitalChef)

 

NOVA.id - Cara menghilangkan gatal pada Miss V saat menstruasi tentu bisa segera diatasi.

Gatal pada area Miss V saat menstruasi dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk infeksi jamur atau bakteri, untuk itu harus segera diketahui cara menghilangkan gatal pada Miss V saat menstruasi.

Iritasi dari penggunaan pembalut atau produk perawatan yang tidak sesuai, atau kondisi kulit tertentu.

Istilah medis untuk gatal pada Miss V adalah pruritus vagina.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab perempuan mengalami pruritus vagina selama menstruasi, salah satunya perubahan hormonal

Miss V mengandung keseimbangan bakteri dan jamur yang berbeda. Perubahan hormon dapat menyebabkan perubahan tingkat relatif mikroorganisme di Miss V.

Hal ini dapat menyebabkan gatal pada Miss V. Perubahan hormon dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk: haid, kehamilan, hingga menopause.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan gatal pada Miss V saat menstruasi:

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat di Dada, Jangan Lupa Eksfoliasi

1. Gunakan pembalut yang tepat

Pastikan menggunakan pembalut yang sesuai kebutuhan Sahabat NOVA dan memeriksa bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan kimia atau pewangi yang bisa menyebabkan iritasi atau alergi.

2. Jaga kebersihan

Selalu cuci tangan sebelum dan setelah membersihkan area Miss V. Ganti pembalut secara teratur dan bersihkan area intim dengan sabun yang lembut dan air bersih yang mengalir.

3. Hindari produk yang mengandung pewangi

Produk seperti sabun, deterjen, atau pelembut pakaian yang mengandung pewangi dapat menyebabkan iritasi pada area Miss V.

3. Gunakan pakaian yang longgar dan bernapas

Hindari pakaian yang ketat atau terbuat dari bahan sintetis yang dapat mengiritasi kulit Sahabat NOVA. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang lebih lembut dan bernapas seperti katun.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu mengurangi risiko infeksi.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Menghilangkan Bau Ketiak di Baju yang Sudah Dicuci

 

5. Konsultasi dengan dokter

Jika gatal pada Miss V saat menstruasi terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa cara terbaik untuk mencegah gatal pada Miss V adalah dengan menjaga kebersihan yang baik dan memilih produk yang tepat untuk tubuh Sahabat NOVA.

Disclaimer: sebagian tulisan dalam artikel ini menggunakan teknologi artificial intelligence. (*)