Jadi Obat Syrup Andalan Bunda Bijak, Hufagripp Syrup Grup Dinyatakan Aman oleh BPOM

By Yussy Maulia, Kamis, 9 Maret 2023 | 12:27 WIB
Rangkaian Hufagripp Syrup Grup sudah dinyatakan aman oleh BPOM. (Hufagripp)

Nova.ID – Sahabat Nova, masih ingat kasus gagal ginjal akut pada anak yang mencuat pertama kali pada September 2022? Tak dapat dimungkiri, kasus yang mengintai anak usia 1-5 tahun tersebut membuat banyak orang tua berpikir dua kali saat hendak memberikan obat syrup kepada anak.

Seperti diketahui, kasus tersebut diduga terjadi setelah anak mengonsumsi obat penurun demam, batuk, pilek, serta vitamin dalam bentuk syrup. Para ahli menemukan bahwa cemaran senyawa etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat-obatan tersebut adalah pemicunya.

Oleh karena masih menjadi momok bagi banyak orang tua, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun terus memperbarui daftar obat syrup anak yang aman, serta minim cemaran EG dan DEG.

Melansir laman resmi BPOM, tolerable daily intake (TDI) atau batas aman konsumsi EG dan DEG per hari pada obat syrup tidak melebihi 0,5 miligram (mg) per kilogram (kg) berat badan.

Baca Juga: Agar Bayi Aman dari Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab DBD, Penggunaan Baju Juga Mesti Diperhatikan!

Kabar baiknya, Hufagripp Syrup Grup menjadi salah satu obat syrup anak yang telah dinyatakan aman oleh BPOM, dengan nomor R-PW.01.01.3.33.02.23.150 pada Jumat (24/2/2023).

Sebagai informasi, obat yang diproduksi oleh PT Gratia Husada Farma (HUFA) tersebut telah diuji secara mandiri di laboratorium independen dan terakreditasi. Hasil uji keamanannya pun sudah memenuhi standar serta diakui oleh BPOM.

HUFA berkomitmen untuk selalu mempertahankan mutu dan keamanan produk-produknya dengan menerapkan prinsip cara Pembuatan Obat yang Baik (cPOB). Prinsip yang diterapkan di antaranya, melakukan identifikasi bahan baku, tes cemaran EG dan DEG, tes logam berat, serta tes kadar zat aktif. 

Produk Hufagripp Syrup Grup

Hufagripp Syrup terdiri dari rangkaian obat syrup untuk anak-anak dan dewasa. Masing-masing varian Hufagripp memiliki fungsi dan kandungan aktif yang berbeda. Berikut daftarnya.

  1. Hufagripp Flu dan Batuk Suspensi

Obat dengan kemasan berwarna kuning ini berfungsi untuk mengatasi gejala flu pada anak, seperti batuk, pilek, dan demam. Selain itu, obat ini hadir dengan varian rasa Tutty Fruity.

Hufagripp Flu dan Batuk Syrup suspensi dapat dikonsumsi oleh anak berusia 2-12 tahun. Namun, pastikan baca petunjuk konsumsi yang tertera pada kemasan obat.