Cerita Pendiri HAIRESS HOME® Memulai Bisnis Pengharum Rumah Berkelas di Indonesia

By Presi, Jumat, 17 Maret 2023 | 13:01 WIB
Pendiri HAIRESS HOME®, Nathasia Elsa membagikan cerita saat ia memulai bisnis. (Dok. HAIRESS HOME®)

NOVA.id - Pendiri HAIRESS HOME®, Nathasia Elsa membagikan cerita saat ia memulai bisnis menjual natural dan essential oils hingga fragranced oil untuk reed diffuser, room sprays, dan home fragrances lainnya.

Perjalanan bisnis Nathasia dimulai pada tahun 2015, di saat ia memiliki anak pertama di Indonesia dan rindu akan kota tempat tinggalnya dahulu di Vancouver, Kanada.

Selama mengurus rumah tangga, Nathasia memiliki ketertarikan akan wewangian khususnya pewangi ruangan.

Pada akhirnya, ia pun menyadari bahwa ketertarikannya ini menjadi peluang bisnis.

Nathasia menyebut bahwa pada waktu itu, ia melihat masih belum banyak brand pewangi ruangan, khususnya reed diffuser di Indonesia.

Dengan menggunakan sumber dan pengetahuan yang telah dipunyai seperti essential oils alami, Nathasia memutuskan untuk memulai bisnis.

Pada awalnya, Nathasia memiliki kesulitan membeli essential oils alami yang disuka di Indonesia.

Tetapi Nathasia melihat hal ini menjadi sebuah peluang untuk membuat produknya sendiri dengan bantuan dari para supplier yang mengedepankan karya anak bangsa.

HAIRESS HOME® sendiri mengusung konsep personal dari Nathasia yang ingin membagikan pengalaman yang penuh nostalgia dalam bentuk pewangi ruangan.

Pendiri HAIRESS HOME®, Nathasia Elsa (Dok. HAIRESS HOME®)

Karena pengalamannya yang tinggal di Vancouver, Kanada, nama-nama dari koleksi Reed Diffuser HAIRESS HOME® terinspirasi dari tempat-tempat yang mengesankan di sana.

Misalnya, West Georgia yang merupakan reed diffuser pertama yang ia buat dan dinamai dari nama jalan di Vancouver tempat ia tinggal dahulu.

Baca Juga: Bye-Bye Bau Badan! Begini 7 Cara Agar Wangi Parfum Tahan Lama Seharian

Pada awalnya, koleksi reed diffuser dari HAIRESS HOME® hanya terdiri dari 4 varian, yaitu West Georgia, Whistler, English Bay, dan Yaletown.

Tapi setelah itu, Nathasia meluncurkan sebuah wangi baru yang limited edition untuk hampers Idul Fitri, Citadel Parade yang ternyata disukai oleh banyak pelanggan termasuk selebriti Giring Ganesha.

Akhirnya varian ini ditambahkan ke dalam koleksi reguler yang bisa dibeli kapan saja.

Kelima reed diffuser ini tidak hanya populer karena wangi dan kualitasnya saja, tetapi juga karena kemasannya yang berbentuk kotak segitiga, melambangkan huruf V yang diambil dari kata Vancouver.

HAIRESS HOME® selalu mempersiapkan limited edition hampers dengan konsep dan wangi yang berbeda di setiap hari-hari perayaan besar, seperti di hari Natal dan Idul Fitri.

Misalnya saja, HAIRESS HOME® membuat hampers Natal tahun 2022 dengan konsep Second Home, yang terinspirasi dari dua negara dengan dua budaya yang berbeda, yaitu Kanada dan Indonesia, yang pernah Nathasia tinggali.

Sebelumnya, Nathasia juga pernah membuat Hampers Idul Fitri dengan konsep yang melambangkan 5 rukun Islam dengan 3 wangi reed diffuser yang baru, dikemas dalam botol dan kotak yang berbentuk segi lima.

Hampers uniknya ini terjual sangat cepat dan dicintai oleh banyak selebriti tanah air.

Nah, karena banyaknya permintaan hingga saat ini, hampers Idul Fitri akan dirilis lagi di tahun ini dengan jumlah yang terbatas.

Seluruh produk dan konsep yang dikeluarkan oleh HAIRESS HOME® ini juga menarik banyak perusahaan besar untuk menjalin kerjasama, seperti Senayan City, CMK Group, hingga berbagai organisasi sosial untuk mengembangkan program CSR-nya (HAIRESS PEDULI), seperti Yayasan Kanker Indonesia.

Dengan berbagai aktivitas CSR yang dimiliki HAIRESS HOME® saat ini, mereka terus membantu mendorong gerakan kesehatan mental dan gerakan pemberdayaan perempuan.

Baca Juga: Jangan Cuma Wajah, Kaki Juga Butuh Perawatan agar Glowing dan Wangi

Setelah mengembangkan usahanya selama beberapa tahun ini, HAIRESS HOME® telah memiliki toko offline di Galeries Lafayette, Pacific Place Mall, serta memiliki cabang di Bali.

HAIRESS HOME® pun berharap dapat melebarkan sayapnya hingga ke skala internasional sebagai brand lokal karya anak bangsa, sambil tetap terus mempertahankan kemewahan dan kualitas produk dan keunikan dari mereknya.(*)