Musik Orkestra Sangat Diminati Masyarakat, Tiket Konser The Legends 8 Ludes Terjual

By Annisa Octaviana, Sabtu, 13 Mei 2023 | 22:40 WIB
Press conference konser The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & DreamWorks. (Dok. TRUST Orchestra)

NOVA.id – Musik orkestra kerap dikenal sebagai musik yang kuno dan juga mahal. Namun, stereotip tersebut tampaknya sudah mulai berubah seiring berjalannya waktu.

Siapa sangka, musik orkestra kini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti lewat konser The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & DreamWorks, yang sukses menjual seluruh tiketnya.

Konser The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & DreamWorks dari Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST Orchestra) ini mencatat rekor penjualan tercepat di panggung Ciputra Artpreneur.

Antusiasme yang tinggi dari masyarakat membuat pihak TRUST Orchestra yang di dukung oleh Ciputra Artpreneur dan disponsori oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini memutuskan menambah jumlah pertunjukan.

Konser yang semulanya hanya digelar satu hari yakni pada 13 Mei 2023, dilanjutkan hingga tanggal 14 Mei 2023.

“Awalnya kami hanya rencanakan konser di tanggal 13 Mei dengan estimasi 2.200 tiket terjual. Namun, ternyata tiket ludes kurang dari satu jam dan banyak sekali publik yang mengaku kehabisan tiket saat war. Akhirnya, kami memutuskan menambah satu hari lagi di tanggal 14 Mei dan lagi-lagi tiket sold out dengan cepat,“ ujar Dr. Nathania Karina, Music Director & Conductor TRUST, saat ditemui NOVA di kawasan Jakarta Selatan.

Dalam konsernya kali ini, TRUST Orchestra akan membawakan lagu-lagu ikonik dari Studio Ghibli dan DreamWorks.

“Kami memilih yang ikonik, salah satunya pastinya Sprited Away, My Neighbor Totoro,” ujar perempuan yang akrab disapa Nia ini.

TRUST Orchestra memiliki visi untuk meninggalkan 'legacy' kepada generasi muda untuk menjadikan musik orkestra sebagai alternatif entertainment yang inklusif.

Baca Juga: The Apurva Kempinski Bali Lucurkan Program Antologi Musik Indonesia

Pasalnya, orkestra klasik yang berasal dari Eropa seringkali dipandang kolosal, kuno, dan hanya untuk kalangan sosial tertentu.

TRUST Orchestra ingin persepsi tersebut berubah, salah satunya dengan membawakan musik populer dan dimainkan oleh musisi-musisi berusia muda.

Patron dan sponsor untuk TRUST Orchestra, Trinity Optima Production (TOP) turut mendukung penyusunan repertoar TRUST yang bervariasi.