Sering Susah Fokus Saat Puasa? Ini Cara Atasinya Menurut Dokter

By Widyastuti, Kamis, 6 April 2023 | 15:46 WIB
Cara mengatasi susah fokus saat puasa (Dok. Freepik.com)

NOVA.id - Selain lapar dan haus, puasa juga mengakibatkan tubuh cenderung kekurangan stamina.

Tubuh pun menjadi sulit fokus, lantaran badan dengan pikiran tak sinkron.

Bahkan menurut dr. Fatimah Pitaloca yang merupakan medical expert, kondisi ini sesungguhnya bisa diantisipasi.

"Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima," ujar dr. Fatimah dalam diskusi "Badan & Pikiran Nggak Sinkron saat Ramadan?" yang digelar Pharmaton dan Guardian, ditayangkan akun Instagram @pharmatonidn, dikutip Rabu (5/4/2023).

Ia memaparkan, selama berpuasa kebanyakan orang cenderung kurang mengatur pola hidup. Mulai dari kurangnya waktu tidur, juga menu dan pola makan yang sembarangan.

"Kondisi ini kalau terus menerus dilakukan, bisa mengakibatkan kelelahan mental dan fisik. Karena asupan makanan kita yang kurang, menyebabkan metabolisme kurang bagus," jelas dr. Fatimah.

Di sisi lain, lanjut dia, tubuh masih harus diforsir melakukan segudang aktivitas selama puasa, yang membuat stamina jadi turun.

"Akibatnya badan dan pikiran menjadi nggak sinkron," ucapnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Ibadah Puasa, Hindari Kebiasaan Ini

Dokter Fatimah pun membeberkan solusi apa saja yang bisa dilakukan agar kita lebih fokus, bertenaga dan membuat badan serta pikiran menjadi sinkron, kendati menjalani puasa.

"Pertama, kita bisa mencoba menu makan makanan yang lebih seimbang, berbuka perlahan dengan menu yang tidak memberatkan seperti kurma dan teh, lalu hindari makanan berminyak, baru dilanjut makan malam," tuturnya.

Walau berpuasa, kata dia, olahraga juga tetap harus berjalan secara teratur. Ini bisa dilakukan setelah salat tarawih, atau melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki usai salat subuh. Di samping itu, pola tidur juga harus selalu diatur.

"Jangan karena terpotong sahur, waktu tidur kita jadi berkurang.

Kita dapat mencoba tidur lebih awal agar dan tetap mendapat 6-7 jam waktu tidur, karena bagaimanapun otak butuh oksigen yang bisa didapat ketika kita tertidur," jelas Fatimah.

Keempat, kurangi stres dengan mengelola aktivitas selama ramadan. Hal ini penting mengingat adanya perubahan aktivitas yang harus disesuaikan agar kita tidak kewalahan dan berujung stres.

Pita, sapaan Dokter Fatimah Pitaloca, juga membeberkan manfaat mengonsumsi multivitamin saat berpuasa.

Menurut dia, multivitamin dapat membantu menjaga stamina dan menjaga daya tahan tubuh selama menahan lapar dan haus.

Adapun multivitamin yang menurutnya cocok untuk dikonsumsi selama berpuasa, adalah multivitamin yang mengandung ginseng.

Sebab kandungan ginseng membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Jadi Makanan Favorit Sejuta Umat, Gorengan Tak Sehat Sebagai Hidangan Berbuka, Ini Alasannya

"Dari sekian banyak multivitamin yang beredar, Pharmaton Formula menjadi multivitamin yang saya rekomendasikan karena mengandung ekstrak ginseng G115 dan mineral untuk membantu menjaga stamina dan konsentrasi selama bulan ramadan," jelasnya.

Dalam satu kapsul Pharmaton Formula sendiri, terdapat 11 vitamin seperti A, B kompleks, C, D, dan E, 8 mineral, dan ekstrak ginseng G115, yang terbukti berkhasiat dalam membantu menjaga stamina dan konsentrasi sehingga badan dan pikiran bisa selalu sinkron.

"Dalam bulan Ramadan, konsumsi makanan yang dimakan seringkali kurang seimbang dan belum tentu sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Akibatnya seringkali terasa lemas dan kurang fokus. Konsumsi multivitamin dapat membantu menjaga energi dan stamina agar tetap dapat beraktivitas sehari-hari," jelasnya.

Pharmaton Formula dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap, dengan dosis yang sesuai kebutuhan tubuh, dianjurkan dikonsumsi setiap hari terutama saat bulan ramadan.

Dengan kandungan 40 mg ginseng dalam Pharmaton, terbukti dapat meningkatkan stamina hingga 56% lebih tinggi dari multivitamin tanpa ginseng dan terbukti memiliki khasiat dalam menjaga dan produktif selama berpuasa.

"Pharmaton Formula adalah solusi tepat untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral selama berpuasa.

Minum multivitamin Pharmaton Formula pada saat sahur agar stamina dan konsentrasi terjaga sepanjang hari," tandas Fatimah. (*)