Pintar Atur Uang, Tips Mengatur Dana THR Supaya Tak Cepat Bokek

By Nadia Fairuz Ikbar, Sabtu, 15 April 2023 | 08:06 WIB
Mengatur uang THR dengan bijak menurut ahli. (dok. freepik.com)

 

NOVA.id - Memasuki akhir bulan Ramadan menyambut Lebaran, para pekerja tentu sudah tidak sabar menanti saat cairnya Tunjangan Hari Raya (THR).

Saat menerima THR, seorang pekerja perlu untuk mengatur pengeluaran agar THR tidak hanya lewat begitu saja.

Dalam momen menjelang Idulfitri kali ini, Jenius dari Bank BTPN melakukan sebuah studi bertajukJenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023.

Studi tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mengelola uang THR dengan cermat dan bijak sesuai kebutuhan.

“Momen Idulfitri memang selalu dinanti, namun kita juga perlu mengontrol diri. Hal ini bisa dimulai dari alokasi THR untuk berbagai kebutuhan agar tidak habis dalam sekejap,” terang Metta Anggriani, Certified Financial Planner dan Founder Daya Uang.

“Pastikan prioritas yang jelas dan alokasi keuangan untuk kebutuhan wajib yang muncul di momen Idulfitri, seperti membayar zakat, memberi THR kepada orang tua dan orang lain yang bekerja/membantu kita, hingga tradisi salam tempel untuk keluarga,” tambah Metta.

Jika kebutuhan wajib tersebut sudah terpenuhi, menurut Metta, berikutnya masyarakat dapat mengalokasikan dana THR untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli baju baru, makanan, dan lain-lain.

“Namun perlu diingat, untuk kebutuhan ini perlu alokasi dana yang ketat agar tidak berlebihan. Jika dirasa kebutuhan tersebut tidak membutuhkan dana THR yang terlalu besar, maka dana THR tersebut dapat dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang,” kata Metta.

1. Tunaikan kewajiban

Saat THR cair, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menunaikan kewajiban.

Contohnya, Anda perlu menganggarkan THR untuk keperluan zakat fitrah.

Pasalnya, zakat fitrah merupakan hal wajib yang perlu dibayarkan umat Islam yang mampu jelang Idul Fitri.