Takut Kehabisan Bensin? Catat Lokasi SPBU dan Pertashop di Tol Jawa Tengah pada Mudik Lebaran 2023

By Nadia Fairuz Ikbar, Senin, 17 April 2023 | 12:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina (GeorginaCaptures)

 

NOVA.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memastikan kesiapan terkait suplai dan ketersediaan BBM selama masa mudik Lebaran 2023.

Kesiapan itu antara lain dilakukan dengan menyediakan Kiosk Pertamina Siaga atau Pertashop di lokasi-lokasi yang tidak ada SPBU di sepanjang Tol Trans Jawa wilayah Jawa Tengah.

Area Manager Communication, Relation & Coroporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, Pertamina sudah membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) untuk memantau penyaluran BBM dan LPG dari tingkat pusat hingga depot menjelang Idul Fitri 1444 H.

"Kami sudah mengaktifkan Satgas Rafi mulai 1 April 2023 hingga akan berakhir pada 2 Mei 2023," kata Brasto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/04).

Untuk BBM, Brasto menjelaskan, selama periode Satgas Rafi 2023, terdapat sejumlah layanan tambahan, yakni SPBU Siaga, Kiosk Pertamina Siaga atau Pertashop, dan Motorist.

"Khusus Pertashop, di jalur tol wilayah Regional Jawa Bagian Tengah, ada 13 titik Pertashop. Lokasinya berada di rest area-rest area yang tidak ada SPBU dan menyediakan Pertamax Series," ujarnya.

Brasto mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada puncak arus mudik Lebaran, Pertamina juga menyiapkan SPBU Kantong berupa mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong atau cadangan suplai BBM di titik-titik yang rawan kemacetan.

"Beberapa SPBU yang berada di lokasi-lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam," ujarnya.

Konsumsi BBM

Menurut Brasto, selama arus mudik dan balik, konsumsi BBM jenis Gasoline (Pertalite, dan Pertamax Series) di Regional Jawa Bagian Tengah diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 29 persen.

"Konsumi BBM Gasoline di jalur tol dan bukan tol kami estimasi ada peningkatan sekitar 29 persen bila dibandingkan rata-rata harian normal," ucapnya.

Baca Juga: Terbaru, Tarif Tol Jakarta Semarang untuk Mobil Pribadi Lebaran 2023