Dijamin Tak Berbekas, Cara Menghilangkan Noda Tetesan Lilin di Berbagai Permukaan

By Nadia Fairuz Ikbar, Minggu, 30 April 2023 | 12:55 WIB
Cara menghilangkan lelehan lilin. (HGTV)

 

NOVA.id Lilin yang habis dipakai biasanya meninggalkan noda tetesan lilin.

Lilin yang disimpan di atas meja dapat menetes dan menimbulkan genangan yang dapat menodai sejumlah permukaan meja, bahkan sedikit tetesan lilin saja sudah dapat membuat rumah terlihat kotor.

Noda lilin adalah noda yang cukup sulit dihilangkan dari berbagai permukaan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda tetesan lilin?

Ada beberapa cara yang bisa Sahabat NOVA coba untuk menghilangkan noda tetesan lilin, tergantung pada jenis permukaan dan bahan yang terkena noda.

Untuk menghilangkan noda lilin, kita bisa mendinginkannya terlebih dulu agar lebih mudah untuk mengikis sisa-sisa lilin yang menempel di permukaan.

Jika noda ditemukan pada benda kecil seperti tempat lilin, coba masukan ke freezer untuk mendinginkannya selama beberapa waktu.

Hal ini praktis untuk pakaian atau kain lain, seperti taplak meja. Namun, benda-benda yang berukuran besar perlu didinginkan dengan bantuan kompres es atau es batu.

Jangan gunakan kompres es secara langsung ke noda tetesan lilin. Bungkus dengan handuk pelindung untuk memanfaatkan efek dinginnya saja.

Baca Juga: Baru Tahu! Ini Cara Menghilangkan Bau Sisa Makanan di Mangkok Plastik

Sebelum menghilangkan noda, penting untuk menghilangkan tetesan lilinnya terlebih dahulu.

Sahabat NOVA bisa menggunakan pisau atau alat yang serupa untuk mengikis tetesan lilin dari permukaan.

Jika tetesan lilin mengenai permukaan kain, Sahabat NOVA perlu hati-hati untuk menghindari mendorong lilin lebih dalam ke dalam serat.