Peringati Hari Buruh, Ini Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Buruh

By Annisa Octaviana, Senin, 1 Mei 2023 | 10:57 WIB
Rekomendasi film yang terinspirasi dari buruh. (Dok. iMDB)

NOVA.id – Selamat Hari Buruh, Sahabat NOVA!

Untuk memperingati Hari Buruh, kita bisa menyaksikan beberapa rekomendasi film yang mengangkat kisah tentang para buruh.

Seperti kita tahu, Hari Buruh atau May Day selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Di Indonesia, biasanya para buruh akan berkumpul untuk melakukan aksi unjuk rasa dan menyuarakan aspirasi serta hak-hak mereka.

Nah, untuk kita yang di rumah saja, kita juga bisa merayakan Hari Buruh dengan beberapa rekomendasi film yang terinspirasi dari kisah para buruh.

Ada film apa saja?

1. Minggu Pagi di Victoria Park

Film ini mengangkat kisah perempuan bernama Mayang, yang dipaksa ayahnya berangkat ke Hong Kong sebagai tenaga kerja wanita di samping bertugas mencari adiknya, Sekar, yang tidak ada kabar beritanya setelah sekian lama menjadi buruh migran.

Penuh dengan ketidaktahuan dan rasa takut, Mayang belajar dan bekerja sekaligus bertahan hidup di keluarga yang bersikap baik terhadapnya. Di waktu-waktu lowong dan libur, Mayang selalu mencari kabar tentang adiknya.

Film Minggu Pagi di Victoria Park juga dihiasi juga dengan penggambaran kehidupan para tenaga kerja wanita di Hong Kong dengan beragam masalah pribadi masing-masing.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh, Presiden KSPI Sebut 3 Tuntutan Buruh untuk Pemerintah