5 Tips Mengelola Keuangan Pasca Lebaran, Jangan Sampai Alami Financial Anxiety!

By Annisa Octaviana, Sabtu, 13 Mei 2023 | 07:05 WIB
Jangan sampai mengalami financial anxiety atau kecemasan keuangan. (Ziga Plahutar)

NOVA.id - Financial Anxiety atau kecemasan finansial adalah suatu perasaan ketakutan, kekhawatiran, atau cemas yang dapat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, terutama dikarenakan kurangnya persiapan dalam menghadapi pengeluaran.

Psikolog Keluarga Ayank Irma pun menuturkan hal yang sama. Keadaan financial anxiety seringkali membuat kita merasa khawatir, stres, dan tidak nyaman dengan keadaan keuangan kita.

"Akhirnya dapat memicu berbagai masalah kesehatan mental, seperti depresi, cemas, atau insomnia," jelas Ayank belum lama ini.

Dia menambahkan, kondisi ini rupanya seringkali terjadi usai momen Lebaran. Sebab di momen Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) seringkali tidak dikelola dengan baik.

Alhasil dapat memicu terjadinya pengeluaran yang berlebihan (over-spending) karena merasa mendapatkan dua kali gaji dalam satu bulan yakni melalui gaji bulanan serta THR.

“Terkadang dalam momen kumpul bersama keluarga, kerabat kerap melontarkan pertanyaan sensitif seputar keuangan kepada anggota keluarga yang lebih muda, di mana maksud sebenarnya memiliki tujuan baik yaitu untuk menjalin hubungan lebih dekat dan mengetahui kabar serta kondisi anggota keluarga," jelasnya.

Sayangnya, kalimat yang digunakan seringkali menyinggung ranah personal dan membuat orang yang ditanyakan menjadi tidak nyaman.

Sehingga Ayank menuturkan betapa penting bagi seseorang untuk merencanakan keuangannya dengan baik dan mengatur pengeluaran mereka dengan bijak terutama usai Lebaran.

Pentingnya jaringan sosial yang kuat, seperti keluarga dan teman-teman, yang dapat memberikan dukungan emosional dan membantu mengurangi stres.

Baca Juga: Mau Pinjam Uang Nonton Konser Coldplay? Ini 5 Aplikasi Pinjol Bunga Rendah

Melihat hal tersebut, Danamon hadir menemani nasabah dan memberikan solusi finansial menyeluruh melalui produk-produk keuangannya agar nasabah dapat memiliki kestabilan finansial sekaligus mengatasi kecemasan finansial.

Berikut 5 tips mengelola keuangan dari Danamon melalui gerakan #LawanCemasFinansial agar masyarakat tetap tenang dan dapat memiliki keuangan yang stabil setelah melewati momen Lebaran.

1. Overspending saat Lebaran? Wajib punya rencana keuangan!