Salut! 16.000 Perkedel Tumpeng Chef Expo 2023 Pecahkan Rekor MURI Dunia

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 14 Mei 2023 | 15:01 WIB
16.000 Perkedel Tumpeng Chef Expo 2023 Pecahkan Rekor MURI Dunia ()

NOVA.ID – Acara Chef Expo 2023 sukses digelar selama 4 hari mulai tanggal 10-13 Mei 2023, bahkan hingga pecahkan Rekor MURI.

Menariknya bukan hanya taraf Rekor MURI Indonesia, namun event Chef Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Chef Association (ICA) ini berhasil menyabet penghargaan Rekor MURI Dunia.

Penghargaan Rekor MURI Dunia ini diberikan atas terbuatnya 16.000 lebih perkedel tumpeng yang ditampilkan pada gelaran Chef Expo 2023 kemarin.

“Yang awalnya diajukan adalah rekor Indonesia, maka pada hari ini Museum Rekor Indonesia akan mencatatkannya sebagai rekor dunia. Selamat sekali lagi. ICA sebenarnya bukan hanya sekali, namun sering melakukan ini untuk mengangkat kuliner Indonesia,” ujar perwakilan dari Museum Rekor Indonesia saat dijumpai di JIExpo Kemayoran saat acara Chef Expo 2023, Sabtu 13 Mei 2023.

Mengapa memilih perkedel?

Para Chef di ICA setuju bahwa perkedel memiliki makna mendalam, pasalnya menjadi makanan yang menembus segala lapisan masyarakat.

Di mana-mana ada, di warteg hingga restoran bintang lima sekalipun menu perkedel biasanya terselip.

Selain itu, memilih perkedel juga jadi gaung untuk kembali memajukan masakan nusantara.

Lantas, yang bikin penasaran, bagaimana sih proses di balik pembuatan 16.000 perkedel tumpeng yang mampu pecahkan Rekor MURI Dunia ini?

“Ini persiapan kebetulan dibuatnya oleh tim kita, Tim ICA dari ICA Banten, ICA Jakarta, dan ICA Tangerang. Mereka itu persiapan dari tadi malam, penggorengan. Karena tidak boleh dari kemarin kan takut basi juga. Jadi tadi pagi sudah penataan,” ujar Chef Santo, President of Indonesia Chef Association (ICA).

Jadi, 16.000 perkedel tumpeng dibagi tempat untuk proses pembuatan dan pemasakan.

Indonesia Chef Association ()