Dorong Perempuan Maju Lewat UMKM, Labamu Siapkan Kompetisi Berhadiah Rp80 Juta

By Annisa Octaviana, Kamis, 18 Mei 2023 | 13:02 WIB
Konferensi pers penyelenggaraan kompetisi Wanita Tumbuh Bersama di Jakarta. (Dok. Istimewa)

NOVA.id - Perempuan saat ini menjadi penggerak dan pelopor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia.

Tapi fakta menunjukkan perempuan hanya menyumbang 39% dari angkatan kerja Indonesia. Hal ini akhirnya membuat kesenjangan sosial terus berlanjut.

Padahal perempuan yang menjalankan usaha dengan penuh ketekunan bisa membuatnya menjadi mandiri dan berdaya, serta tidak bergantung pada orang lain.

Menyadari hal tersebut, Labamu bekerjasama dengan LiftWomen mengajak perempuan untuk mengembangkan dan menerapkan keterampilan bisnis, dan profesional bisnis mereka saat ini maupun ide bisnis baru dalam kompetisi bertajuk Wanita Tumbuh Bersama (WTB).

Tak main-main, kompetisi WTB juga menyiapkan hadiah total Rp80 juta untuk perempuan yang berani melangkah bersama UMKM yang dimilikinya.

"Kontes WTB mengakui kesenjangan pasar dan rintangan yang dihadapi oleh wanita Indonesia dan berupaya untuk membangun dan memberdayakan kewirausahaan wanita," jelas Direktur Labamu, Arnold Sebastian Egg, di Jakarta, belum lama ini.

Acara ini sejatinya mengundang perempuan Indonesia dari semua industri, berusia 20 tahun ke atas, untuk berpartisipasi dan memamerkan ide bisnis mereka, menerima bimbingan dan pendanaan, dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

"Kami berharap kontes WTB akan mendorong lebih banyak perempuan untuk mengejar impian kewirausahaan mereka dan menginspirasi organisasi lain untuk mendukung kewirausahaan perempuan di Indonesia," kata Arnold.

Kontes WTB memiliki proses partisipasi yang sederhana, dimulai dengan pengajuan aplikasi secara online diikuti dengan presentasi oleh para finalis pada Malam Gala Award.

Baca Juga: Komunitas Arisan Alvas Community, Gelar Silaturahmi Hingga Dukung UMKM

Pengajuan akan berada dalam 2 kategori: Sustainability dan Innovation. Selain itu, juga akan ada penghargaan People's Choice dan Overall Winner.

Tak hanya itu, peserta juga akan menerima bimbingan dan pelatihan bisnis di semua tahap kontes.

Aplikasi peserta dibuka pada 15 Mei 2023 dan untuk informasi lebih lanjut tentang kontes Indonesia Wanita Tumbuh Bersama, kunjungi www.labamu.co.id/wtb. (*)