Keluar dari SM Entertainment, EXO CBX Mengaku Dipaksa Tanda Tangani Kontrak 'Budak' Selama 20 Tahun

By Nadia Fairuz Ikbar, Jumat, 2 Juni 2023 | 19:32 WIB
Baekhyun, Xiumin, dan Chen memutuskan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment pada Kamis (1/6/2023) (Soompi)

NOVA.id - Kabar mengejutkan datang dari subunit EXO, yakni EXO-CBX yang terdiri dari anggota member Chen, Baekhyun, dan Xiumin.

Secara mendadak, ketiga member EXO itu memutuskan untuk keluar dari agensi yang selama ini menaungi mereka, SM Entertainment.

Keputusan tersebut diambil oleh Chen, Baekhyun, dan Xiumin lantaran ketiganya merasa mendapat perlakuan yang tidak adil.

Melalui kuasa hukum mereka, Lee Jae Hak menyebut, para artis SM Entertainment, termasuk Chen, Baekhyun, dan Xiumin dipaksa menandatangani kontrak 'budak' selama 20 tahun.

Kontrak tersebut berlangsung sejak masa trainee atau kepelatihan mereka.

"Setelah SM menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis yang berlangsung selama 12 hingga 13 tahun di masa lalu, mereka mendorong artis untuk menandatangani kontrak eksklusif berikutnya sekali lagi, menghasilkan kontrak jangka panjang yang berlangsung setidaknya selama 17 hingga 18 tahun atau lebih," jelas Lee Jae Hak, dikutip dari Koreaboo, Jumat (02/06).

Selama itu pula, Chen, Baekhyun, dan Xiumin tidak mendapatkan transparansi keuangan dari SM Entertainment.

Dan pada saat meminta salinan keuangan, SM Entertainment selalu berkelit.

"SM Entertainment mempertahankan posisi yang tidak adil dengan menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan laporan tersebut."

"SM telah berulang kali melakukan penyalahgunaan kekuasaan seperti ini," imbuh Lee Jae Hak.

Dikarenakan hal itu, para artis SM Entertainment hanya mengetahui bagian mereka dari catatan yang dibuat agensi secara pihak.

Baca Juga: Alasan Lucas Keluar dari NCT dan WayV hingga Memilih Jadi Artis Solo