NOVA.id – Generasi muda memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan ekonomi negara. Sehingga perkembangannya harus diisi dengan kegiatan positif yang mampu membuat mereka berpikir kreatif dan inovatif.
Hal ini agar sumber daya manusia di masa depan bisa membawa Indonesia mengalami perubahan yang lebih berarti lewat inovasi.
Afan Suryadi, Country Director EF Kids & Teens Indonesia mengatakan, hal tersebut selaras dengan komitmen EF untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda Indonesia.
EF Kids & Teens berkolaborasi dengan Kreaby guna mewadahi beragam keunikan dan perspektif menjadi sebuah karya.
“Kolaborasi yang diberi tajuk, Creativity Beyond Boundaries, memberikan ruang kebebasan untuk berkreasi dengan seni melalui kreativitas inklusif yang mendorong produktivitas,” kata Afan, di Jakarta (06/06).
Menurut laporan indeks tahunan yang mengevaluasi kinerja inovasi di sektor ekonomi di lebih dari 130 negara di dunia, Indonesia menduduki peringkat yang rendah dalam hal inovasi pada tahun 2022 dibandingkan dengan negara-negara ekonomi menengah di Asia Tenggara lainnya.
Meskipun demikian, laporan yang diterbitkan oleh sebuah lembaga PBB yang fokus pada kreativitas dan perlindungan kekayaan intelektual menyebutkan bahwa, Indonesia mengalami kemajuan signifikan dalam inovasi sebagai bagian dari perkembangan ekonominya.
Pemerintah telah memproyeksikan bahwa pada tahun 2030-2040, Indonesia akan mengalami bonus demografi dengan lebih dari 60 persen penduduk berusia produktif.
Untuk mengoptimalkan kekuatan ekonomi di masa bonus demografi ini, pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya melalui pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
Baca Juga: EF Umumkan Juara Spelling Bee 2022, Kompetisi Mengeja Terbesar di Indonesia
Dengan adanya generasi muda yang kreatif, tangguh, berkualitas, dan berkomitmen pada inovasi berkelanjutan, Indonesia optimis dalam mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor.
Salah satu sektor yang ditekankan adalah ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi berkelanjutan yang berlandaskan pada kreativitas.
Lebih lanjut, program yang digelar dalam payung Corporate Social Responsibility (CSR) EF Kids & Teens Indonesia ini memiliki tujuan utama untuk memberikan dukungan pada seniman muda yang tergabung dalam Kreaby.
“Selain karena kreativitasnya, kami juga sangat mengapresiasi kemampuan dan keberhasilan mereka melampaui berbagai batasan di tengah hambatan, mengubah tantangan jadi peluang,” kata Amalia Yaksa Parijata, Marketing Director EF Kids & Teens di kesempatan yang sama.
Hasil dari fase awal kolaborasi, EF bersama Kreaby merilis sekitar 3000 merchandise tumbler yang dibuat berdasarkan perspektif para seniman muda Kreaby meliputi Keken, Rama, Gary, Jeremy, Joey, dan Joshua.
Tumbler berukuran 500 ml tersebut menampilkan karakter-karakter EF yang super lucu dan menggemaskan seperti Ben, Vic, Roddy, Mel, Kev, dan Zap.
Tumbler unik ini diluncurkan dalam acara bincang-bincang yang dikemas menarik, berisi cerita-cerita inspiratif dan ragam perspektif tentang kreativitas. Peluncuran karya perdana EF dan Kreaby sekaligus menjadi simbolisasi peresmian kolaborasi Creativity Beyond Boundaries. (*)