Film Onde Mande! Suguhkan Kisah Hangat Keluarga hingga Keindahan Alam Danau Maninjau

By Annisa Octaviana, Kamis, 15 Juni 2023 | 13:35 WIB
Press screening dan press conference film Onde Mande! Selasa (13/06). (Dok. Annisa/NOVA)

NOVA.id - Film Onde Mande! Karya Paul Fauzan Agusta menyajikan kisah hangat keluarga Minang dan juga keindahan alam danau Maninjau.

Seperti diketahui, film Onde Mande! mengambil latar di Danau Maninjau dan juga Desa Sigiran, Sumatera Barat.

Selain diajak untuk menikmati jalan cerita yang begitu hangat dan juga kocak, film Onde Mande! membawa kita melihat-lihat keindahan alam Danau Maninjau hingga kuliner khas Padang.

Film produksi Visinema ini sendiri terinspirasi dari ayah sang sutradara. Kalau itu, Paul mendapat pertanyaan dari sang ayah, kapan dirinya bisa membuat film yang bisa dia nikmati.

Dari situ, Paul mulai berpikir untuk menggarap film yang ringan dan juga bergenre komedi.

"Sebenernya lebih ke mencoba pertama di kepala tuh oke, dari bapak, Kapan kamu bisa bikin film yg bapak tonton? Jadi harus ringan," ucap Paul saat ditemui NOVA di kawasan Jakarta Pusat belum lama ini.

Paul sendiri memang memiliki darah Minang, maka dari itu, dia berpikir untuk membuat film dengan jalan cerita yang kental dengan budaya Minang.

"Mulai dari situ aku pikir oke apa yang bisa Minang banget lah. Salah satu yg aku pikirkan dari keluarga besarku adalah sangat pintar dalam mencari solusi kalau ada masalah. Jadi gimana kalau satu desa menghadapi masalah, gimana cari solusinya," jelas Paul.

Film Onde Mande! dibintangi oleh Emir Mahira, Shenina Cinnamon, Jajang C.Noer, Jose Rizal Manua, Ajil Ditto, Shahabi Sakri hingga Musra Dahrizal.

Baca Juga: Punya Kemiripan dengan Karakternya di Film Kajiman, Aghniny Haque: Aku Suka Disuapin Ibu

 

Sinopsis film Onde Mande!

Demi mendapatkan hadiah sayembara senilai 2 Miliar dari perusahaan sabun, warga desa yang tinggal di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat menyusun rencana besar.

Pasalnya, sang pemenang sayembara, Angku Wan (Musra Dahrizal) yang merupakan sosok tetua di desa tersebut meninggal sebelum mengklaim hadiahnya.

Lewat berbagai cara, warga desa: Ni Ta (Jajang C Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Si Mar (Shenina Cinnamon) dan lainnya berusaha meyakinkan perusahaan sabun bahwa Angku Wan masih hidup.

Bukan karena keserakahan, hadiah akan digunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama seperti pesan terakhir Angku Wan.

Namun, rencana-rencana yang disusun warga desa mengundang pro dan kontra. Keadaan pun semakin runyam tatkala Anwar (Emir Mahira) selaku perwakilan perusahaan sabun datang ke desa secara tiba-tiba untuk memvalidasi pemenang. Apa rencana yang akhirnya mereka pilih? Dan akankah rencana mereka berhasil?

Saksikan film Onde Mande! yang akan segera tayang di bioskop mulai 22 Juni 2023. (*)