Cuaca Panas Buat Nyamuk Penyebab DBD Jadi Lebih Ganas, Kenali Gejalanya Jika Sudah Terinfeksi

By Nadia Fairuz Ikbar, Minggu, 18 Juni 2023 | 14:02 WIB
Nyamuk aedes aegypti (iStockphoto)

NOVA.id - Di cuaca panas seperti akhir-akhir ini, masyarakat diminta semakin waspada terhadap gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Imran Pambudi, MPHM mengungkapkan, nyamuk dengue akan semakin ganas bila berada di suhu cuaca yang tinggi.

dr. Imran Pambudi menyebutkan jika dilihat jumlah kasusnya dari tahun 1968, kasus yang tinggi terjadi saat ada El Nino.

Hal ini kemudian diteliti dan hasilnya nyamuk Dengue semakin ganas saat berada di suhu yang panas.

"Jadi frekuensi dia menggigit itu akan meningkat 3 sampai 5 kali lipat pada saat suhunya meningkat di atas 30 derajat," ujar dr. Imran pada konferensi pers ASEAN Dengue Day, beberapa waktu lalu.

Tahun ini, ia mengimbau masyarakat perlu meningkatakan kewaspadaan terhadap DBD, pasalnya El Nino bisa terjadi kapan saja.

Tidak hanya itu, musim hujan pun perlu diwaspadai mengingat akan ada banyak genangan air atau tempat berkembang biak nyamuk dengue.

Dokter Spesialis Anak RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A(K) mengatakan infeksi dengue disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti betina. Dia membutuhkan darah untuk dihisap supaya bisa bertelur.

"Masa inkubasi 5 hingga 10 hari, rata-rata 7 hari sejak gigitan nyamuk sampai timbul gejala.

"Biasanya nyamuk tersebut mengigit di saat terang mulai jam 08.00 sampai jam 10.00 pagi dan menjelang sore jam 15.00 sampai 17.00. pada jam tersebutlah nyamuk paling aktif mengigit," tutur dr. Karyanti.

Adapun gejala-gejala infeksi dengue yang sering terjadi adalah demam mendadak tinggi selama 2 sampai 7 hari, muka memerah, sakit kepala, mual kadang muntah, sakit perut, sakit tulang, kalau orang dewasa sering terjadi ngilu pada tulang sendi, nyeri otot.

Baca Juga: Cuma Letakkan Potongan Serai di Bawah Tempat Tidur Bikin Nyamuk Kabur