Cara Mengatasi Wasir Agar Tak Kambuh Lagi, Hindari Kegiatan Ini!

By Annisa Octaviana, Rabu, 21 Juni 2023 | 19:05 WIB
Cara mengatasi wasir agar tak sering kambuh. (Dok. iStock)

NOVA.id – Cara mengatasi wasir agar tak kambuh lagi. Apa yang wajib diketahui dan dilakukan?

Wasir atau ambeien adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan pada kelenjar di area anus.

Kondisi tersebut pastinya menjadikan tidak nyaman ketika kita duduk atau menjalani aktivitas. Pada kondisi yang parah wasir bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Agar wasir atau ambeien tidak terus kambuh maka penderita harus merubah pola hidup dan selalu mengonsumsi makanan yang tidak menjadikan wasir semakin parah.

Ada beberapa hal yang harus dihindari diantaranya adalah kegiatan dan juga makanan yang menjadikan wasir kambuh, simak cara mengatasinya. 1. Menggunakan ponsel saat buang air besar

Menggunakan ponsel saat buang air besar dapat mengakibatkan wasir kambuh dikarenakan lamanya durasi ketika buang air besar, sebab maksimal kita berjongkok untuk buang air besar yakni selama 10-15 menit saja. 2. Mengangkat beban terlalu berat

Mengangkat beban terlalu berat bisa menyebabkan wasir bertambah parah.

Hal ini disebabkan ketika mengangkat beban berat dapat menyebabkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, alhasil bisa memperparah ambeien.

Baca Juga: Inilah Cara Terkini Menghilangkan Wasir Tanpa Sakit Berkepanjangan

3. Tidak melakukan operasi

Ketika masalah ambeien yang kamu alami sudah sangat parah dan kerap kambuh, operasi merupakan jalan keluar terbaik.

Namun, kebanyakan dari pasien penderita wasir lebih memilih pengobatan tanpa operasi, karena selain proses penyembuhan yang cukup lama, dapat menimbulkan rasa sakit pasca operasi.