Cara Menghilangkan Benjolan di Payudara, Coba Petik Daun Ini!

By Annisa Octaviana, Jumat, 23 Juni 2023 | 21:05 WIB
Cara menghilangkan benjolan di payudara. (Dok. Istock )

NOVA.id – Jangan panik dulu, inilah cara menghilangkan benjolan di payudara.

Benjolan yang ada di payudara memang membuat setiap perempuan tak tenang. Maka dari itu, ada cara menghilangkan benjolan di payudara.

Penyebab benjolan di payudara memang bermacam-macam, dan tidak semuanya bersifat kanker.

Salah satu penyebabnya yakni perubahan hormonal, di mana fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dapat menyebabkan pembengkakan dan benjolan di payudara, yang seringkali berkurang setelah periode menstruasi selesai.

Selain itu, infeksi pada payudara seperti mastitis dapat menyebabkan pembengkakan dan benjolan. Mastitis biasanya terjadi pada ibu menyusui dan dapat disertai gejala seperti nyeri, kemerahan, dan demam.

Penyebab benjol di payudara juga bisa terjadi karena fibroadenoma. Ini adalah tumor jinak yang umum terjadi pada wanita muda. Fibroadenoma biasanya terasa padat, bergerak bebas, dan tidak sakit. Mereka tidak bersifat kanker.

Kendati begitu, ada beberapa bahan alami yang bisa Sahabat NOVA coba untuk mengatasi benjol di payudara seperti berikut:

Daun Sirsak

Tahukah Sahabat NOVA, jika daun sirsak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Daun sirsak dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Senyawa yang terdapat dalam daun sirsak mampu untuk mencegah bahkan mengobati berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Salah Pakai Bra Bisa Jadi Pemicu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?