Ingin Mewujudkan Rumah Modern Impian? Ini Keuntungan dan Tantangannya

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 24 Juni 2023 | 17:05 WIB
Ilustrasi rumah modern - Schneider Electric mendirikan lini usaha Home & Distribution (onurdongel)

NOVA.ID - Memiliki rumah masih menjadi salah satu impian banyak orang.

Saat ini memiliki rumah impian modern tengah jadi haluan.

Apalagi mengingat tingkat populasi yang makin meningkat.

Berdasarkan laporan dari badan PBB, UN Habitat yang berjudul World Cities Report 2022 Envisaging the Future of Cities/Laporan Perkotaan Dunia 2022 Gambaran Masa Depan Perkotaan, kita sama-sama akan menyaksikan dunia yang terus mengalami proses urbanisasi selama tiga dekade ke depan.

Dari 56 persen pada 2021 menjadi 68 persen pada 2050.

Artinya akan terjadi penambahan sebesar kurang lebih 2,2 miliar penduduk di perkotaan, sebagian besar tinggal di benua Afrika dan Asia.

Bertambahnya jumlah penduduk suatu wilayah dengan pesat, berarti naiknya kebutuhan akan energi dan peralatan teknologi pendukung yang berjalan linear atau beriringan.

Konsekuensinya adalah penduduk perkotaan dan urban akan menjadi konsumen terbesar energi dan otomasi, tanpa dapat dicegah.

Maka, dalam konteks fasilitas perkotaan, sebuah kota yang baik harus bersifat modern mengakomodasi kebutuhan hidup berkualitas bagi penduduknya, khususnya rumah tinggal.

Rumah tinggal yang baik harus mampu memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penghuninya.

Sayangnya, tidak semua hal tersebut dapat dipenuhi secara ideal, karena ketersediaan infrastruktur pendukung kehidupan masyarakat perkotaan dan urban yang tidak merata.

Baca Juga: Mau Beli Rumah? Coba Intip Hunian Hijau di Selatan Jakarta Ini