Bantu Majukan Peternakan Indonesia, PT Charoen Pokphand Resmikan Kandang Modern yang ke-14 di Univesitas Sumatera Utara

By Nadia Fairuz Ikbar, Kamis, 29 Juni 2023 | 09:32 WIB
Peresmian kandang ayam modern di Universitas Sumatera Utara ()

 

NOVA.id - Selasa (27/06), telah dilaksanakan acara peresmian Hibah Teaching Farm berupa kandang ayam modern dengan sistem tertutup “closed house” di Kampus Universitas Sumatera Utara, Medan.

Acara tersebut diadakan dalam rangka mendukung ketersediaan sarana dan prasarana belajar guna riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya pada dunia peternakan, PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk selaku perusahaan nasional yang bergerak dalam dunia peternakan khususnya pemeliharaan dan budidaya ayam broiler.

Acara ini merupakan lanjutan dari penandatanganan kerjasama yang ditandatangani pada tanggal 25 Agustus 2022.

Peresmian Kandang Closed House ini dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Dr. (HC). Tjiu Thomas Effendy, S.E, MBA, Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman,MM, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Lies Handayani Siregar, M.MA, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt., M.M, serta civitas akademik USU Dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara peresmian hibah kandang Closed House ini juga dilakukan penandatangan berita acara serah terima hibah oleh Regional Head Nort Sumatera Ir. Bambang Sutrasni and dan Dekan Fakultas pertanian USU Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S, dan pemberian Beasiswa Universitas yang serahkan oleh Sekjen Charoen Pokphand Foundation Indonesia Andi Magdalena Siadari SH.,MH.

Sebelumnya juga dilaksanakan kuliah umum oleh Ir. Yosef Arisanto selaku Head Of Operation Integration CPI Sumatera, West Java, Kalimantan dengan tema Transformasi Business Broiler Di Indonesia yang dihadiri oleh 700 mahasiswa di Auditorium USU.

Peresmian kandang ayam modern di Universitas Sumatera Utara ()

Acara Penandatanganan Prasasti Peresmian Closed House Universitas Sumatera Utara, ditandatangani oleh Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Dan Rektor USU yang ditutup dengan kegiatan kunjungan langsung ke kandang closed House.

Peresmian kandang Closed House pada Universitas Sumatera Utara, ini merupakan hibah kandang yang ke-14 dari PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk kepada perguruan tinggi di Indonesia.

Hibah ini bertujuan untuk menunjang peningkatan proses belajar-mengajar, praktikum, magang dan sebagai tempat penelitian bagi dosen dan mahasiswa-mahasiswi fakultas peternakan khususnya mengenai Teaching Farm.

Teaching Farm memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan dan teknologi closed house yang sedang dibutuhkan industri.

Perguruan tinggi melakukan berbagai penyesuaian kurikulum, mahasiswa mendapatkan exposure budidaya dengan teknologi baru, dan berbagai penelitian perilaku ayam (yang bersifat non-invasive) dilakukan guna pengembangan berbagai kajian ilmiah untuk optimasi budidaya serta sebagai gambaran miniatur dunia usaha.