KPU Sebut Pemuda Berperan Penting dalam Pemilu, Ini 5 Tips Jadi Pemilih Cerdas dan Aktif!

By Nadia Fairuz Ikbar, Jumat, 30 Juni 2023 | 13:02 WIB
Wajib Tahu! Ini Syarat Pemilih di Pemilu 2024 Sesuai Peraturan KPU (Freepik)

NOVA.id - Tahun depan, tepatnya 2024 Indonesia akan bersiap untuk pesta rakyat Pemilu.

Secara resmi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pemilu akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Ngomongin soal pemilu 2024, peran pemilih muda juga sangat penting, lho.

Terkait pemilu 2024, dilansir dari CewekBanget.id, menurut hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pemilu kali ini akan didominasi oleh kaum muda.

Besarnya dominasi kaum muda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini diwakili oleh August Mellaz, salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027, menyatakan pentingnya peran kaum muda.

Pentingnya peran kaum muda

August Mellaz menyatakan bahwa pemilih muda menjadi salah satu penopang keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Teman-teman muda yang nanti di 2024 yang proyeksinya sekitar 60 persen dari total jumlah pemilih, maka harus dipahami, teman-teman muda ini menjadi penopang bagi kelestarian tatanan kesatuan NKRI yang kita sepakati demokratis. Itu tanggung jawab kita, tanggung jawab bersama," ujar August.

Beliau pun menyatakan pentingnya peran pemilih muda di masa yang akan datang.

Sebab, suara kita tersebut bisa menentukan banyak hal.

"Bahkan lapisan 60 persen inilah yang akan menentukan banyak hal. Suara mereka apakah kemudian diwakili (oleh para pemimpin), diserap oleh partai politik, aspirasi mereka apakah didengar. Itu akan menentukan banyak hal. Termasuk nanti, pasca 2024 merekalah (kaum muda) yang akan jadi aktor-aktor penting dalam meneruskan sistem politik. Peran pemilih muda sangat luar biasa," papar August Mellaz.

Baca Juga: Jumlah Pemilih Perempuan Akan Lebih Besar Dibanding Laki-Laki di Pemilu 2024, KPU Tegaskan Hal Ini