Tips Online Marketing Bisnis Kuliner untuk Cari Penghasilan Tambahan

By Annisa Octaviana, Rabu, 5 Juli 2023 | 08:02 WIB
Tips Online Marketing Bisnis Kuliner. (Dok. iStock)

NOVA.id – Tips online marketing atau pemasaran online bisnis kuliner untuk mencari penghasilan tambahan.

Bagi Sahabat NOVA yang sedang berniat untuk cari penghasilan tambahan, ketahui dulu tips online marketing jika kamu ingin memulai bisnis kuliner.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang layak dicoba karena memiliki peluang yang bagus.

Agar bisnis kuliner kamu diketahui banyak orang dan diburu para pelanggan, kamu harus paham bagaimana pemasaran online yang kreatif dan inovatif.

Seperti dilansir Kompas.com dari Cermati.com, inilah tips online marketing bisnis kuliner untuk mencari penghasilan tambahan.

1. Daftarkan bisnis di aplikasi atau situs online

Aplikasi atau situs pencarian restoran online kerap digunakan oleh masyarakat. Tinggal scroll melalui handphone, kita sudah bisa menemukan restoran yang ingin kita cari.

Nah, teknologi tersebut bisa kamu manfaatkan dengan mempromosikan bisnismu lewat aplikasi tersebut.

Bila ingin menjadi merchant, harus mendaftarkan bisnis dengan memberikan data-data yang dibutuhkan seperti nama restoran, alamat, menu, dan lain-lain.

Baca Juga: Hasilkan Rp2 juta per Bulan, Ini Modal Franchise Teh Poci untuk Penghasilan Tambahan

2. Gunakan media sosial

Banyak para pelaku usaha kuliner yang memanfaat media sosial untuk memasarkan jualan mereka.

Pasalnya, sosial media dapat mencakup pasar yang lebih luas. Selain itu, kamu bisa melakukan interaksi dengan para pelanggan.

Terlebih, interaksi melalui like, comment, dan lain sebagainya dapat meningkatkan engagement bisnis.

Jadi, manfaatkan semua platform media sosial terkini sebagai media untuk promosi, ya.

3. Rajin gabung di event

Meski pemasaran online penting, namun pemasaran offline juga tak kalah penting, lho!

Cobalah untuk mengikuti event-event secara offline agar pelanggan tahu dan mengenal bisnis kamu secara langsung.

Ada banyak event kuliner seperti food festival, food bazaar, dan lain-lain yang bisa diikuti.

Jangan lupa mencantumkan akun media sosial serta nama restoran agar banyak yang kenal dan mulai mengikuti media sosial jualanmu.

Baca Juga: Jasa Hairdo Nonton Konser, Dapat Penghasilan Tambahan Sambil Ketemu Idola

4. Kolaborasi dengan food influencer

Saat ini, sudah banyak food influencer yang memiliki banyak followers di platform media sosialnya.

Biasanya, makanan atau minuman yang mereka review bisa membuat para pengikutnya untuk membeli produk tersebut.

Coba temukan food influncer yang sesuai dengan karakter bisnis kulinermu. Umumnya mereka memiliki harga atau rate tersendiri untuk setiap konten promosi yang dilakukan.

Selain itu, temukan food influencer yang tentunya sesuai dengan budget yang kamu miliki.

5. Buat konten kuliner yang menarik

Buatlah konten kuliner sekreatif mungkin untuk menarik perhatian para pelanggan secara online.

Foto makanan atau minuman dengan background, pencahayaan, atau editing yang menarik merupakan pemasaran online yang tepat untuk bisnis kulinermu.

Baca Juga: Kerja Seharian, Ini Cara Bagi Waktu untuk Cari Penghasilan Tambahan

6. Berikan diskon dan promo

Para pelanggan pasti suka dengan adanya diskon dan promo yang menarik. Contohnya yaitu potongan harga, beli 1 gratis 1, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya.

Tapi sebelum memberikan diskon, usahakan memperhitungkan dengan matang berapa nilainya agar tidak mengalami kerugian.

7. Utamakan kualitas dan rasa

Yang paling penting dari bisnis kuliner adalah rasa dari makanan atau minuman itu sendiri.

Rasa makanan dan minuman yang bisa memuaskan lidah para pelanggan akan membuat pelanggan kembali membeli jualanmu.

Terus lakukan inovasi dan tingkatkan kualitas rasa dari bisnis kulinermu agar pelanggan terus penasaran dan mencoba usaha kuliner milikmu. (*)