NOVA.id – Mencari penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan beragam usaha.
Salah satunya yakni dengan membuka bisnis ghost kitchen.
Ghost kitchen atau yang juga dikenal dengan nama cloud kitchen merupakan fasilitas bisnis yang memproduksi makanan, tetapi tidak memiliki restoran.
Umumnya, para pebisnis menyewa dapur dari pihak lain atau dapur pribadi. Para konsumen hanya dilayani melalui aplikasi pemesanan makanan. Ghost kitchen juga tak memiliki bangunan untuk para konsumen makan di tempat.
Setelah memesan, kamu tinggal menunggu makanan tersebut sampai ke lokasi tujuan.
Dengan modal yang tak terlalu besar, kamu sudah bisa menjual makanan-makanan lezat yang sudah kamu buat lewat aplikasi pemesanan makanan.
Usaha ini juga diprediksi akan semakin berkembang pesat setiap tahunnya.
Namun, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut ini, sebelum kamu mantap menjalankan usaha kuliner ghost kitchen. Apa saja?
1. Riset menu dan membuat resep
Jangan ragu untuk mencoba berbagai resep berkali-kali sampai menemukan ciri khas sendiri untuk produk kamu.
Baca Juga: Cari Penghasilan Tambahan dengan Bisnis Jastip Luar Negeri, Pahami Dulu Aturan Ini
2. Desain menu online
Buatlah tampilan menu yang keren serta kekinian agar lebih menarik pembeli.
3. Menyewa dapur
Supaya dapur di rumah enggak berantakan setiap harinya, kamu bisa menyewa sebuah tempat untuk memproduksi makanan kamu.
4. Strategi pemasaran
Sama halnya seperti membangun bisnis lain, kamu wajib membuat strategi pemasaran.
Sebagai pemula, kamu bisa memberikan menu makanan yang bervariasi, serta mematok harga yang bisa dijangkau semua kalangan, atau memberikan diskon dan promo.
5. Daftarkan ke aplikasi online
Bekerjasama dengan aplikasi pemesanan makanan bisa membuat pelanggan mengetahui keberadaan bisnis kamu.
Baca Juga: Syarat Franchise Alfamart, Ternyata Mudah Untuk Dapat Penghasilan Tambahan
Sehingga, kamu jadi lebih fokus pada pelayanan kepuasaan pelanggan melalui cita rasa produk kamu.
6. Buat iklan menarik
Selain mengiklankan produk kamu dari mulut ke mulut, lebih baik lagi jika kamu membuat iklan di media sosial Instagram, Facebook, atau TikTok.
Luangkan waktu kamu untuk membuat iklan yang menarik, ya.
Serta jangan lupa untuk menciptakan kedekatan dengan para pelanggan, seperti menanyakan kritik dan saran yang membangun. (*)