Punya Modal Lumayan? Bisnis Laundy Koin Bisa Jadi Penghasilan Tambahan yang Menjanjikan

By Rahma, Senin, 24 Juli 2023 | 08:02 WIB
Laundry koin, ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa datangkan penghasilan tambahan. (Freepik)

NOVA.id - Usaha laundry atau jasa cuci pakaian selalu menjadi ide usaha rumahan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan, terutama untuk ibu rumah tangga.

Kebutuhan pasar akan jasa cuci baju terutama di kota-kota besar akan selalu ada.

Selain itu, kemajuan teknologi juga mendorong berkembangnya bisnis ini.

Bisnis laundry tak hanya soal pelayanan, tetapi sentuhan teknologi yang semakin bervariasi dan unik membuat persaingan bisnis laundry makin inovatif.

Selain usaha laundry kiloan, kini muncul laundry koin, yakni jasa cuci dan mengeringkan pakaian self-service yang dalam pengoperasian mesin cucinya, kita menukarkan uang menjadi koin.

Adalah Vyna Heprina Yuliana, seorang ibu muda yang mencoba menjalankan bisnis laundry koin, yakni Laundry House.

Kepada NOVA, Vyna menceritakan awal dirinya mencoba bisnis laundry koin ini karena dari iseng semata.

Mulanya, ia yang sedang pulang kampung ke rumah mertua di Medan tertarik dengan laundry self-service yang baru buka dekat dengan rumah sang mertua.

Vyna memang sudah tahu mengenai laundry self-service, namun kala itu, harganya masih terlampau mahal untuk anak kuliahan.

Tapi, laundry koin yang ia coba kini harganya sangat terjangkau sehingga membuatnya kepikiran untuk membuka laundry koin di dekat rumah tinggalnya di Bekasi.

"Awal mulanya, tahun 2018 aku lagi lebaran pulang kampung ke tempat mertua di Medan. Jadi selama lebaran kalau lagi enggak ada ART (libur pulang kampung), pasti aku jadi pelanggan laundry kiloan."

 Baca Juga: Felancy Intimate Bagikan Rahasia Sukses Jadi Content Creator, Buka Peluang dapat Penghasilan Tambahan