Penghasilan dari Usaha Sampingan Tak Tentu? Begini Cara Agar Bisnis Jalan Terus

By Rahma, Selasa, 1 Agustus 2023 | 12:02 WIB
Motivasi memulai usaha sampingan (Freepik)

NOVA.id - Menjalankan bisnis rumahan seringkali memang tak bisa mendapat penghasilan bulanan yang stabil seperti karyawan di suatu perusahaan.

Karena pemasukkan tidak tetap, banyak orang yang merasa kesulitan untuk pintar atur uang kelurga sekaligus uang bisnis dengan baik.

Walau terasa sulit, financial planner Anissa Steviani punya tipsnya nih, Sahabat NOVA!

Annisa mengatakan, kesulitan mengatur keuangan bisa diatasi jika kita sudah mengetahui pengeluaran rutin bulanan kita secara pasti.

"Pendapatan emang nggak pasti, tapi pengeluaran itu pasti. Pengeluaran setiap bulan akan selalu sama. Misalnya dalam keluarga, kita akan selalu bayar listrik, tetap harus makan, dan bayar sekolah anak. Mau pendapatan kita berapa, si listrik nggak bisa menyesuaikan," ujar Annisa.

Menurut Annisa, kita perlu mencatat apa saja yang termasuk pengeluaran keluarga dan bisnis secara terpisah terlebih dahulu.

Jika sudah tercatat semua, jumlah pengeluaran tersebut pun menjadi target bulanan kita.

"Kalau kita udah punya (catatan pengeluaran), maka itu adalah target bulanan kita. Jadi, seenggaknya setiap bulan kita harus sudah bisa nutup dulu si semua pengeluaran ini," jelas Annisa.

Namun, Annisa menyarankan agar kita tetap memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk pos-pos keuangan lainnya.

"Tapi kalau cuma bisa nutup doang, berarti lebihnya nggak ada dong. Kalau di bisnis kamu jadi nggak untung dan di keluarga kita jadi nggak bisa investasi. Makanya harus lebih," ucap Annisa.

"Jadi buatlah target yang lebih banyak daripada catatan pengeluaran setiap bulannya. Nah, si lebihnya ini diinvestasikan, kalau di bisnis inilah yang jadi gaji kamu setiap bulannya," sambungnya.

Baca Juga: Cara Membuat Media Promosi Penjualan di Shopee, Bisa Tingkatkan Penghasilan Tambahan!