Musim Kemarau, Cara Mengatasi Aliran Keran Air Kecil di Rumah

By Rahma, Rabu, 13 September 2023 | 11:33 WIB
Cara mengatasi aliran keran air yang kecil. (Nitiphonphat)

NOVA.id – Cara mengatasi aliran keran air yang kecil di kamar mandi rumah.

Aliran keran air yang kecil memang menyebalkan. Aliran keran air yang kecil mengganggu aktivitas mandi, mencuci, dan lain sebagainya.

Aliran keran air yang kecil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penyumbatan pada keran atau pipa, tekanan air yang rendah, kerusakan pada regulator, hingga banyak kotoran dan endapan dalam pipa.

Jangan gusar dulu jika aliran keran air di rumah kecil. Sahabat NOVA bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya.

1. Cek keran

Cek terlebih dahulu apakah keran dalam posisi terbuka sepenuhnya. Beberapa keran memiliki pegangan yang bisa diputar beberapa putaran untuk membuka keran secara penuh.

2. Periksa aerator

Aerator adalah perangkat yang terletak di ujung keran. Buka aerator dari ujung keran dan periksa apakah ada kerak atau endapan yang menghalangi aliran air.

Sahabat NOVA bisa membersihkan aerator dengan cara menggunakan sikat gigi bekas atau rendam dalam cuka hangat selama beberapa jam untuk menghilangkan endapan mineral. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan pasang kembali.

Baca Juga: Rekomendasi Air Purifier Promo 7.7 di Blibli, Cara Mengatasi Udara Buruk di Ibu Kota

3. Periksa pipa dan saluran air