TikTok Shop Resmi Ditutup, Gimana Nasib Pesanan Belum Sampai, Bisakah Dibatalkan?

By Maulana Wildan Ibrahim, Kamis, 5 Oktober 2023 | 18:33 WIB
TikTok Shop resmi ditutup, Rabu (4/10) pukul 17.00 WIB. ()

NOVA.ID - TikTok Shop resmi menutup layanannya di Indonesia per hari Rabu, 4 Oktober 2023, pukul 17.00 WIB.

"TikTok Shop Indonesia tidak tersedia mulai 4 Oktober 2023 hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis keterangan resminya pada Selasa, 3 Oktober 2023 lalu.

Keputusan TikTok menutup TikTok Shop ini sebagai bentuk ketaatan media sosial tersebut terhadap aturan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia.

"TikTok Shop Indonesia berupaya memastikan kepatuhan terhadap peraturan setempat,” tulis keterangan TikTok.

Kami akan terus bekerja sama dengan otoritas terkait dalam mencari jalur konstruktif untuk melayani pasar Indonesia dengan sebaik-baiknya dalam waktu dekat. Kami akan memberikan pembaruan mengenai hal ini sesegera mungkin," lanjut mereka.

Lantas, bagaimana nasib pesanan pengguna yang belum sampai dan pre-order di TikTok Shop?

Nasib Pesanan TikTok Shop yang Belum Sampai

Sahabat Nova tak perlu khawatir, TikTok telah memberikan aturan kepada seller tentang pesanan di TikTok Shop yang belum selesai atau belum sampai ini.

Melansir dari TikTok Newsroom, penjual wajib memproses setiap pesanan belum terselesaikan dan memastikan pesanan tersebut diserahkan kepada mitra logistik untuk proses pengiriman.

Setiap pesanan yang tidak terkirim paling lambat tanggal 5 November 2023 akan otomatis dibatalkan oleh TikTok Shop Indonesia.

Pembeli dapat melacak status pesanan mereka melalui aplikasi TikTok atau situs web TikTok Shop Indonesia.

Jika pesanan Sahabat Nova termasuk yang dibatalkan, maka akan menerima uang pengembalian sesuai dengan yang telah dibayarkan sebelumnya.